NOTTI, Merni Sarlin (2019) Pengaruh Kreativitas Non Aptitude Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (887kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (690kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (925kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (867kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (449kB) |
Abstract
Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk membentuk gagasan-gagasan baru dan menerapkan dalam pemecahan masalah. Motivasi berprestasi merupakan semangat siswa untuk berprestasi dalam kegiatan belajar mengajar yang terkait dengan aktivitas proses pembelajaran siswa di sekolah. Pendekatan Inkuiri terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang mana guru datang ke kelas dengan membawa masalah untuk dipecahkan oleh siswa, kemudian mereka dibimbing untuk menemukan cara terbaik dalam memecahkan masalah tersebut. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana kreativitas non apptitude peserta didik pada materi pokok laju reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana motivasi berprestasi peserta didik pada materi laju reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan kreativitas non apptitude dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh kreativitas non apptitude dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Mengetahui kreativitas non apptitude peserta didik pada materi pokok laju reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Mengetahui motivasi berprestasi peserta didik pada materi pokok laju reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan kreativitas non apptitude dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019.(5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas non apptitude dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok laju reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Kreativitas non apptitude peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019 baik dengan persentase rata-rata sebesar 73%. (3) Motivasi Berprestasi peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019 baik dengan persentase rata-rata sebesar 75%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara kreativitas non apptitude dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok laju reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi = 0,630 dan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 1,463 > 3,35. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas non apptitude dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok laju reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda Yˆ 27,478 + 0,356 X1 + 0,419 X2 dan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 17,25 > 3,35
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas non apptitude, Motivasi Berprestasi, Pendekatan Inkuiri Terbimbing,Hasil Belajar Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 05:40 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 05:40 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1146 |
Actions (login required)
View Item |