MARAN, Anastasia Letin (2019) Pengaruh Tanggung Jawab Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (387kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (518kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (146kB) |
Abstract
Pendekatan Inkuiri terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?(4) Adakah hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1)Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif untuk materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 82,91% (3) Kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori formal dengan rata-rata nilai kemampuan penalaran formal sebesar 60, (4) Ada hubungan antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hsil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi masing-masing ������� = 0,970 dan ������� = 0,857 (5) Ada pengaruh antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda masing-masing Yˆ 42,278 + 0,436 X1 + 0,147 X2 dan Yˆ 22,2887 + 0,813 X1 – 0,031 X2, dengan F hitung masing-masing 315,766, dan 55,280.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab, Kemampuan Penalaran Formal, Pendekatan Inkuiri Terbimbing,Hasil Belajar Pengetahuan dan Hasil Belajar Keterampilan Peserta Didik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 03:06 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 03:06 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1149 |
Actions (login required)
View Item |