Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) Di Puskesmas Kaputu – Kec. Sasita Mean – Kab. Malaka

ASIT, Yustus (2023) Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) Di Puskesmas Kaputu – Kec. Sasita Mean – Kab. Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Puskesmas Kaputu, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka. Alasan yang mendasar penulis melakukan penelitian ini adalah karena adanya temuan tentang pelayanan kesehatan yang belum optimal. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara purposive sampling melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini telah menujukkan adanya pelayanan yang baik dengan memberikan pelayanan yang memenuhi harapan pasien pengguna KIS yaitu keresponsifan petugas terhadap masyarakat, layanan kesehatan secara akurat dan sesuai dengan mutu yang ditetapkan, sopan santun dan keramahan, pelayanan tidak membedakan bagi pengguna kartu kesehatan, fasilitas yang lengkap sesuai standar kesehatan serta kerapian petugas dalam melayani pasien. Faktor pendukung dari kualitas pelayanan kesehatan bagi pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) di puskesmas kaputu ialah: dengan adanya pelayanan yang gratis kepada pasien serta kerja sama yang baik antar sesama tenaga kerja. Faktor penghambat dari kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) di puskesmas kaputu ialah: masih kurangnya tenaga kesehatan atau Sumber Daya Manusia (SDM) dan kurangnya ruang parkir kendaraan bagi pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas dan KIS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Yustus Asit
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:18
Last Modified: 16 Feb 2023 03:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11494

Actions (login required)

View Item View Item