Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kota Kupang

NINI, Theresa Venatri (2023) Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (329kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran kualitas laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan daerah dan akuntabilitas pengelolaan keauangan daerah pada pemerintah Kota Kupang (2) Apakah kualitas laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan daerah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah pemerintah Kota Kupang (3) Apakah kualitas laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan daerah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah pemerintah Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan studi empiris pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini berupa data primer yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pegawai yang melaksanakan fungsi akuntansi/keuangan dalam pengelolaan keuangan daerah dengan jumlah pegawai 138 Orang pada Organisasi Perangkat Daerah di Kota Kupang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 90 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan Aplikasi Microsoft exel dan SPSS. Hasil penelitin ini menunjukan bahwa kualitas laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dengan nilai t hitung > dari pada t tabel. Hasil uji simultan (uji F) menunjukan nilai F hitung 74,367 dan nilai sig adalah 0,001. Diketahui nilai F hitung 74,367 > F tabel 3,11 dan nilai sig 0,001 < 0,05, maka kualitas laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Hasil penelitian ini diketahui nilai koefisien determinasi adalah 0,639. Nilai tersebut dapat diartikan variabel kualitas laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan mempengaruhi akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sebesar 63,9% sisahnya sebesar 36,1% dijelaskan oleh variabel atau faktor lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini dapat disarankan kepada Pemerintah Kota Kupang agar dalam mengerjakan program-program yang telah sesuai dengan pedoman dan peraturan yang ada agar tercapai tujuannya dan kemudian dapat diungkapkan informasi keuangannya sesuai dengan realita yang ada dengan didukung oleh bukti-bukti yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Laporan Keuangan, Aksesibilitas Laporan Keuangan, Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak THERESA VENATRI NINI
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:31
Last Modified: 16 Feb 2023 01:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item View Item