Analisis Penerimaan Dan Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Manggarai Barat Tahun Anggaran 2017-2021

HARTI, Odilia Fitriyani (2023) Analisis Penerimaan Dan Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Manggarai Barat Tahun Anggaran 2017-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (929kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana tingkat efektivitas dan efisiensi penerimaan pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, retribusi tempat rekreasi dan retribusi tempat pariwisata Kabupaten Manggarai Barat tahun 2017-2021, Berapa besar kontribusi pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan dan retribusi tempat rekreasi dan retribusi tempat pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Manggarai Barat tahun 2017-2021, dan Bagaimana upaya pemerintah dalam meningkatkan potensi pendapatan dari sektor pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas penerimaan pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, retribusi tempat rekreasi dan retribusi pariwisata Kabupaten Manggarai Barat tahun 2017-2021, Mengetahui besarnya kontribusi dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan dan retribusi tempat rekreasi dan retribusi tempat pariwisata Kabupaten Manggarai Barat tahun anggaran 2017-2021, dan mengetahui upaya pemerintah dalam meningkatkan potensi pendapatan dari sektor pariwisata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara, dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan melakukan pehitungan menggunakan rasio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Tingkat efektivitas penerimaan dari tahun 2017-2021 masing-masing pajak hotel sebesar 90,43% dengan kategori cukup efektif, pajak restoran sebesar 91,14% dengan kategori cukup efektif, pajak hiburan sebesar 75,94% dengan kategori tidak efektif, retribusi tempat rekreasi sebesar 96,71% dengan kategori cukup efektif, dan retribusi tempat pariwisata sebesar 77,24% dengan kategori tidak efektif. 2). Tingkat efisiensi dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, retribusi tempat rekreasi dan retribusi tempat parwisata Kabupaten Manggarai Barat tahun 2017-2021 memiliki nilai efisiensi yang sama yaitu sebesar 5% dengan kategori sangat efisien. 3). Kontribusi pendapatan sektor pariwisata ( Pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, retribusi tempat rekreasi dan retribusi tempat parwisata ) terhadap PAD Kabupaten Manggarai Barat tahun 2017-2021 rata-rata 25,73 % dengan kategori sedang 4). Upaya pemerintah dalam meningkatkan potensi pendapatan sektor pariwisata dengan cara Penerapan standarisasi dan sertifikasi usaha pariwisata yang mengacu pada prinsip-prinsip dan standar internasional dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal. Membangun tempat-tempat usaha yang dilegalisasi atas nama pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sektor Pariwisata, Pajak, Retribusi, Efektivitas, Efisiensi, Kontribusi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak ODILIA FITRIYANI HARTI
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:36
Last Modified: 16 Feb 2023 01:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11525

Actions (login required)

View Item View Item