Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

BAGA, Fransiskus Moa (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia. Masalah pokok pada penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran yang dikarenakan guru lebih mendominasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assited Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-J SMP Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian one group pretes-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menunjukkan ratarata ketuntasan perindividu 83,66 dan secara klasikal 96,67%. Rata-rata ketuntasan proporsi indikator 0,82, dan sensivitas butir soal 0,46 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 95,84 (reliabel), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,65 (sangat baik) dan reliabilitas instrumennya 96,79 (reliabel). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Team Assisted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams Assisted Individualization, Materi Pokok sistem pernapasan manusia, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:31
Last Modified: 16 Feb 2023 06:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11582

Actions (login required)

View Item View Item