Pengaruh Sikap Responsif Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupangtahun Pelajaran 2018/2019

LEWAR, Mariana Mele (2019) Pengaruh Sikap Responsif Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupangtahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak,.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB I amel.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II amel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III amel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV amel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V amel.pdf

Download (67kB)

Abstract

Sikap responsif adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggung jawab yang harus dipikul. Kemampuan berpikir tingkat tinggi proses berpikir anak didik dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode kognitif dan taksonomi pembelajaran seperti taksonomi bloom. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa siswa hendaknya belajar melalui partisipasi secara aktif dengan konsep-konsep dan prinsipprinsip, agar mereka memperoleh pengalaman, dan melakukan eksperimen-eksperimen yang mengizinkan mereka untuk menemukan prinsip-prinsip itu sendiri. Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok titrasi asam basa pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana sikap responsif siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok titrasi asam basa pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui sikap responsif siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan scientific terhadap materi pokok ltitrasi asam basa pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) sikap responsif sisiwa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan persentase rata-rata nilai sebesar 81% (3) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 82%(4) Ada hubungan antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019dengan koefisien korelasi ganda = 0,8255 dan = 0,4578 (5) Ada pengaruh antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Responsif, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pendekatan Scientific, Hasill Belajar Pengetahuan Siswa, Hasil Belajar Keterampilan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:39
Last Modified: 16 Feb 2023 06:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11587

Actions (login required)

View Item View Item