Analisis Temuan BPK Terkait Penatausahaan Aset Tetap Pada Pemerintah Kabupaten Ende Atas Laporan Keuangan Tahun 2019-2020

REDA, Maria Efriana (2023) Analisis Temuan BPK Terkait Penatausahaan Aset Tetap Pada Pemerintah Kabupaten Ende Atas Laporan Keuangan Tahun 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) apa saja faktor yang menyebabkan penatausahaan aset tetap Pemerintah Daerah Kabupaten Ende menjadi temuan BPK? (2) Bagaimana upaya atau strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Ende dalam menindaklanjuti hasil temuan BPK?. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab penatausahaan aset tetap Pemerintah Daerah Kabupaten Ende menjadi temuan BPK (2) untuk mengetahui upaya atau strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Ende dalam menindaklanjuti hasil temuan BPK. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penatausahaan aset tetapPemerintah Daerah Kabupaten Ende masih menjadi temuan BPK. Dengan faktor-faktor yang menyebabkan penatausahaan aset tetap masih menjadi temuan BPK adalah (1) Kurangnya kerja sama antar pegawai (2) Hukum yang kurang dipatuhi oleh pengurus barang (3) Teknologi penunjang proses penatausahaan kurang memadai (4) Tidak adanya biaya untuk melakukan proses inventarisasi dan pengamanan terhadap aset tetap (tanah) (5) Sumber daya manusia yang kurang kompeten. Upaya atau strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Ende dalam menindaklanjuti hasil temuan BPK adalah (1) Mengajukan tambahan biaya untuk melakukan inventarisasi (2) Melakukan pelatihan kepada para pegawai penatausahaan aset daerah untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya penatausahaan aset tetap (3) Melakukan pendampingan berupa rekonsiliasi dan memperbaiki sistem administrasi (4) Berusaha untuk saling bekerja sama dan melakukan semua pekerjaan secara baik meskipun keahlian yang dimilki oleh para staf tidak sesuai bidang yang ditekuni. Dengan demikian disarankan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ende agar dapat melakukan penatausahaan aset tetap dengan baik dan benar agar pengelolaan aset daerah Kabupaten Ende memperoleh penilaian yang baik dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Temuan Audit, Penatausahaan, Aset Tetap
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Maria Efriana Reda
Date Deposited: 20 Feb 2023 00:52
Last Modified: 20 Feb 2023 00:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11591

Actions (login required)

View Item View Item