Analisis Tingkat Resiko Kecelakaan Lalu Lintas Di Simpang Bersinyal (Studi Kasus Pada Simpang Patung Kirab Fatululi)

NURMANSYAH, Raden A. Faradhila (2013) Analisis Tingkat Resiko Kecelakaan Lalu Lintas Di Simpang Bersinyal (Studi Kasus Pada Simpang Patung Kirab Fatululi). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAC.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (47kB)

Abstract

Perkembangan alat transportasi pada saat ini tidak lepas dari perkembangan produksi kendaraan bermotor di Indonesia. Selain itu juga faktor tingginya daya beli masyarakat dan kemudahan untuk memiliki kendaraan bermotor mengakibatkan jumlah kendaraan bermotor di jalan raya meningkat amat padat. Pesatnya perkembangan kendaraan bermotor mengakibatkan timbulnya masalah dalam keselamatan lalu lintas yaitu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Gambaran kejadian tersebut sering terjadi pada Simpang Patung Kirab Fatululi. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisa tingkat resiko kecelakaan dan faktor-faktor penyebabnya di lokasi rawan kecelakaan pada Simpang Patung Kirab Fatululi. dengan menggunakan Formulir Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ). Dengan menggunakan formulir IKJ ini kita dapatmengetahui faktor apa saja yang paling sering menyebabkan resiko kecelakaan pada simpang tersebut. Serta menentukan strategi dan teknik penanganan untuk meminimalisir resiko kecelakaan pada Simpang Patung Kirab Fatululi. Hasil survei yang di dapat dengan menggunakan formulir IKJ, apabila di lihat dari aspek geometrik jalan, yang menimbulkan resiko kecelakaan adalah ketaktersediaannya trotoar bagi para pejalan kaki dan dari aspek arus lalu lintas yang menimbulkan resiko kecelakaan adalah kecepatan kendaraan yang menimbulkan konflik antar kendaraan denganmkendaraan lain dan juga antar kendaraan dengan pejalan kaki. Serta dari aspek pengguna jalan yang menimbulkan resiko kecelakaan adalah perilaku pengguna jalan yang sering membuat pelanggaran seperti menerobos lampu merah dan belum menyadari akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Untuk itu diperlukan strategi dan teknik penanganan untuk dapat meminimalisir resiko kecelakaan seperti pembuatan trotoar untuk pejalan kaki, pemasangan rambu batas kecepatan masuk simpang serta perlunya sosialisasi akan pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Resiko (R), Peluang (P), Dampak (D)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:04
Last Modified: 17 Feb 2023 03:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item