Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Bisnis Online Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Facebook Marketplace–Group Jual Beli Barang Bekas [BABE] Kota Kupang)

MBANGA, Aurelia Adinda (2023) Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Bisnis Online Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Facebook Marketplace–Group Jual Beli Barang Bekas [BABE] Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (405kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Bisnis Online Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Facebook Marketplace – Group Jual Beli Barang Bekas (BABE) Kota Kupang)”. Grup BABE Kota Kupang member tempat bagi pengguna Facebook yang tergabung dalam grup tersebut untuk melakukan aktivitas jual beli secara online baik barang-barang bekas maupun baru.aktivitas ini memudahkan banyak konsumen di Kota Kupang dalam memilih dan mencari informasi yang lebih spesifik tentang produk yang sedang dicari atau sekadar mencari informasi tentang harga barang dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk dan cara pemanfaatan Facebook sebagai media bisnis online untuk meningktakan volume penjualan pada group BABE Kota Kupang. Konsep-konsep yang dipakai dalam penelitian ini adalah media sosial, online marketing (Bisnis Online), komunikasi pemasaran dalam bisnis online, media sosial Facebook sebagai sarana bisni online. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,metode studi kasus. Teknik pengumpulan datayang digunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan dengan metode penelitian studi kasus. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis menemukan ada 7 (tujuh) bentuk dan cara pemanfaatan Facebook sebagai media bisnis online untuk meningkatkan volume penjualan pada Group jual beli barang bekas Kota Kupang yaitu postingan promosi berupa foto dan video ke beranda Group BABE Kota Kupang, tagging and sharing ( menandai dan berbagi), melakukan re-posting (posting ulang) promosi produk atau barang, melakukan promo spesial berupa diskon di waktu-waktu tertentu, update jenis dan merk produk yang dipasarkan, memanfaatkan fitur Live Streaming Facebook , dan melakukan pemburuan (hunting) secara terus- menerus untuk setiap postingan. Berdasarkan hasil penelitian dari ketujuh bentuk dan cara tersebut, ada dua bentuk dan cara yang lebih sering digunakan para informan yaitu melakukan postingan promosi berupa foto dan video ke beranda Group BABE Kota Kupang serta melakukan tagging and sharing (menandai dan berbagi). Hal ini dikarenakan memposting foto dan video ke beranda Group BABE Kota Kupang lebih mudah tanpa harus disertai caption ( keterangan) yang panjang, para pembeli akan mudah mengerti dan tertarik hanya dengan melihat gambar dan video yang diunnggah ke group jual beli barang bekas Kota Kupang. Sedangkan, dengan melakukan tagging and sharing ( menandai dan berbagi) para penjual dapat menandai dan berbagi postingan kepada siapa saja yang menjadi incaran produk pemasarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Facebook, Media Bisnis Online, Volume Penjualan,Grup BABE Kota Kupang.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Aurelia Adinda Mbanga
Date Deposited: 17 Feb 2023 00:20
Last Modified: 17 Feb 2023 00:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11604

Actions (login required)

View Item View Item