Perlakuan Akuntansi Aset Biologis Tanaman Pangan - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus di UPTD Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura)

PERMATA, Lyra Ruchiyat (2023) Perlakuan Akuntansi Aset Biologis Tanaman Pangan - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus di UPTD Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (211kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan perlakuan akuntansi atas aset biologis pada Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura berdasarkan ketentuan International Public Sector Accounting Stamdard (IPSAS 27). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan perlakuan akuntansi atas aset biologis pada Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura berdasarkan ketentuan IPSAS 27. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data menurut sifatnya adalah data kuantitatif dan kualitatif, dan menurut sumbernya adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dimana dilakukan dengan tiga cara yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi terhadap aset biologis yang dikelola oleh UPTD Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura terkhususnya pada perlakuan Pengukuran dan Penyajian belum sepenuhnya sesuai dengan aturan IPSAS 27, dimana aset biologis tanaman pangan padi dan jagung diukur berdasarkan nilai wajar dikurangi dengan biaya untuk menjual, sedangkan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan diukur berdasarkan hasil analisa biaya tanaman per Ha yang satuannya dilihat dari harga pasar, sehingga terdapat perbedaan total persediaan pada neraca perbandingan. Saran dari penelitian ini adalah instansi pemerintah daerah yang mengelola aset biologis dapat menggunakan aturan perlakuan akuntansi yang sesuai dengan jenis dan masa manfaat aset biologis, sehingga perhitungan harga perolehan untuk dijual ataupun nilai wajar dapat dihitung sehingga sesuai dengan aturan yang ada dan memberikan sumbangsi PAD yang riil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlakuan akuntansi aset biologis, IPSAS 27, harga perolehan, nilai wajar, harga jual
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Lyra Ruchiyat Permata
Date Deposited: 20 Feb 2023 00:54
Last Modified: 20 Feb 2023 00:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11609

Actions (login required)

View Item View Item