SOGHO, Winfrida Kae (2019) Pengaruh Tanggung Jawab Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
![]() |
Text
1. ABSTRAKS.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (158kB) |
Abstract
Tanggung jawab merupakan suatu perlaku yang menentukan bagaimana seseorang peserta didik berinteraksi dengan orang lain dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil belajar yang diperolehnya. Kemampuan penalaran formal adalah sutu kegiatan berpikir yang bercirikan logis dan analitis. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu proses pembelajaran holistik yang bertujuan membelajarkan peserta didik dalam memahami bahan ajar secara bermakna (meaningfull) yang dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas X1 IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok system koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan kimia pada materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (2) Tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 83,15% (3) Kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kelompok formal dengan rata-rata nilai kemampuan penalaran formal sebesar 72,82 (4) Ada hubungan antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi ������� = 0,934 dan ������� = 0,829(5) Ada pengaruh antara kemampuan penalaran formal dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda Yˆ 14,069 + 0,859 X1 + 0,004X2 dan Y ˆ26,484 + 0,645 X1 + 0,071X2
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab,Kemampuan Penalaran Formal,Pendekatan Inkuiri Contextual Teaching and Learning(CTL), Hasil Belajar Pengetahuan dan Keterampilan Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 04:27 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 04:27 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |