Pengaruh Tanggung Jawab Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

SOGHO, Winfrida Kae (2019) Pengaruh Tanggung Jawab Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1. ABSTRAKS.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (507kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

Tanggung jawab merupakan suatu perlaku yang menentukan bagaimana seseorang peserta didik berinteraksi dengan orang lain dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil belajar yang diperolehnya. Kemampuan penalaran formal adalah sutu kegiatan berpikir yang bercirikan logis dan analitis. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu proses pembelajaran holistik yang bertujuan membelajarkan peserta didik dalam memahami bahan ajar secara bermakna (meaningfull) yang dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas X1 IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok system koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan kimia pada materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (2) Tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 83,15% (3) Kemampuan penalaran formal peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kelompok formal dengan rata-rata nilai kemampuan penalaran formal sebesar 72,82 (4) Ada hubungan antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi ������� = 0,934 dan ������� = 0,829(5) Ada pengaruh antara kemampuan penalaran formal dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda Yˆ  14,069 + 0,859 X1 + 0,004X2 dan Y  ˆ26,484 + 0,645 X1 + 0,071X2

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab,Kemampuan Penalaran Formal,Pendekatan Inkuiri Contextual Teaching and Learning(CTL), Hasil Belajar Pengetahuan dan Keterampilan Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:27
Last Modified: 07 Jan 2020 04:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item