Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Lewobelolong Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur

BORO, Marius Boli (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Lewobelolong Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (207kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran usaha badan usaha milik desa (BUMDes) Lewobelolong kecamatan ile boleng kabupaten Flores Timur (2) Bagaimana peran badan usaha milik desa (BUMDes) Lewobelolong dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di desa Lewobelolong kecamatan ile boleng Kabupaten Flores timur Jenis penelitian yang digunakan peneliti ini adalah penelitian kualitatif dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan Dokumentasi terhadap pemerintah desa Lewobelolong, pengurus BUMDEs Lewobelolong dan Masyarakat di desa Lewobelolong.populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BUMDes Lewobelolong telah berperan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat namun peran yang dilakukan masih kurang maksimal karena masih ada sebagian masyarakat yang belum merasakan peran BUMDes Lewobelolong. Selain itu, sumber daya manusia berpotensi yang lebih memilih bekerja dengan instansi lain menyebabkan kurangnya sumber daya manusia berpotensi dalam pengelolaan BUMDes Lewobelolong. Adapun potensi Desa Lewobelolong dalam sektor ekonomi, yaitu potensi jagung titi,kacang tanah, ubi Kayu yang melimpah dan juga adanya potensi alam untuk pariwisata. Dampak dari pada didirikannya BUMDes Lewobelolong terhadap tingkat kesejahteraan sedikit membantu masyarakat Lewobelolong dengan dibuktikannya melalui unit-unit usaha yang telah di dirikan oleh BUMDes Lewobelolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Masyarakat, Kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Marius Boli Boro
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:00
Last Modified: 20 Feb 2023 01:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11611

Actions (login required)

View Item View Item