Pengaruh Keanekaragaman Produk, Cita Rasa dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Pada Warung Mie Jakarta di Kota Kupang

NAHAK, Natalia Yun (2021) Pengaruh Keanekaragaman Produk, Cita Rasa dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Pada Warung Mie Jakarta di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (416kB)

Abstract

Data menunjukkan tingginya persaingan penjualan antar warung cepat saji dan juga adanya fluktuasi pendapatan warung selama periode April 2020-Maret 2021. Hal di atas mengindikasikan adanya sumber daya usaha yang belum dioptimalkan termasuk keanekaragaman produk, cita rasa, dan harga. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran persepsi konsumen tentang keanekaragaman produk, cita rasa, harga, dan keputusan berkunjung kembali, dan untuk mengetahui signifikan pengaruh keanekaragaman produk, cita rasa, dan harga terhadap keputusan pembelian baik secara simultan parsial. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Tahapan analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas dan dilanjutkan dengan analisis deskriptif serta analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis statistik hingga penentuan nilai koefisien determinasi (R2 ). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa Persepsi konsumen tentang Keanekaragaman Produk, Cita Rasa, dan Harga pada Rumah Makan Mie Jakarta Kupang adalah baik. Hal ini didasarkan pada hasil analisis deskriptif yang dilakukan terhadap keseluruhan variabel, di mana rata-rata kategori persepsi responden terhadap Keanekaragaman Produk adalah 79,84, Cita Rasa dengan ratarata 80,07, Harga dengan rata-rata 79,84, Keputusan Berkunjung Kembali dengan rata-rata 78,33, dan berdasarkan Levis, rata-rata seluruh variabel masuk dalam kategori baik. Hasil uji t Variabel Keanekaragaman Produk tidak berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung Kembali, dibuktikan dari hasil uji t dengan nilai - 1.259 dengan signifikansi sebesar 0.211 atau > 0.05 (5%). Secara parsial, juga diketahui Variabel Cita Rasa berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung Kembali dengan bukti nilai hitung uji t X2 sebesar 6.661 dengan signifikansi sebesar 0.000 atau < 0.05 (5%). Selain itu, Variabel Harga diketahui berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Kembali dengan bukti nilai hitung hasil uji t sebesar 1.716 dengan signifikansi sebesar 0.089 > 0.05 (5%). Hasil uji F variabel bebas diketahui berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Hal ini dibuktikan dari hasil (uji F), dengan nilai F hitung sebesar 87.565 dengan tingkat signifikan 0.000 atau < 0.05 (5%) mempengaruhi variabel Y sebesar 70.90%. Sebaliknya 29.10% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini Berdasarkan kesimpulan di atas, diharapkan manajemen Rumah Makan Mie Jakarta Kupang, menyiapkan porsi makanan yang bervariasi agar dapat menyesuaikan dengan keinginan konsumen, Perlu berinovasi utamanya dalam menemukan teksture minuman unik dan segar yang digemari oleh para konsumen, agar mendapat kesan positif dan tidak dianggap sama dengan minuman di tempat lain. Perlu mempertimbangkan penurunan harga, agar sesuai dengan manfaat yang diterima konsumen, dan perlu mengidentifikasi hal atau faktor yang menarik para konsumen untuk mau kembali dan menikmati hidangan yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Produk, Cita Rasa, Harga, Keputusan Berkunjung Kembali.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:36
Last Modified: 17 Feb 2023 03:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11619

Actions (login required)

View Item View Item