HAMU, Magdalena R. H. (2021) Makna Pesan Motivasi dalam Film Jembatan Pensil (Analisis Semiotika Model Roland Barthes). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (609kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (198kB) |
Abstract
Judul skripsi ini adalah “Makna Pesan Motivasi Dalam Film Jembatan Pensil (Aanalisis Semiotika Roland Barthes)”. Dalam latar belakang ini media menjadi salah satu sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa dan digunakan untuk menjangkau perhatian khalayak luas salah satunya Televisi. Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagimana pesan motivasi yang terkandung dalam adegan film jembatan pensil dengan metode analisis Semiotika Roland Barthes Dalam film jembatan pensil. Secara teoritis penelitian ini bermanfaat bagi peneliti untuk mendalami pengetahuan tentang komunikasi dan pengalaman bagi penulis dalam menganalisis pesan motivasi film tersebut. Kerangka pemikiran ini adalah penalaran yang dikemabangkan dalam memecahkan penelitianini. Penentuan metode penelitian atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian merupakan suatu unsur terpenting dalam suatu penelitian. Berdasarkan pendapat diatas yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah makna pesan motivasi dalam film jembatan pensil. Memuat gambaran umum tentang deskripsi obyek penelitian penulis dalam melakukan analisis. Bagian ini berisi tentaang obyek peneltian dan temuan data Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat makna pesan motivasi yang dilihat secara denotasi dan pesan motivasi yang terdapat dalam film Jembatan Pensil merupakan pesan motivasi yang menunjukan motivasi agar selalu bergembira ria dalam keeadaan apapun dan selalu sabar atas ejekan, juga selalu rajin dan pandai walau memiliki terebatasan mental, harus mengembangkan bakat yang dimiliki, motivasi agar selalu menghargai sebuah pendidikan walau terdapat kesederhanaan, motivasi saling tolong menolong dan setia kepada sahabat. Maka penulis dapat menarik kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Makna denotasi dalam penelitian ini menggambarkan seorang anak yang memiliki keterbatasan mental serta sahabatnya yang memiliki karakter yang berbeda-beda namun salalu setia dan rajin untuk sekolah dan makna konotasi yang terlihat dalam film Jembatan Pensil adalah sikap sabar, baik hati dan suka tolong menolong serta setia kepada sahabat dalam situasi apapun. Namun dengan keterbatasan mentalnya ia mempunyai sebuah impian untuk membuat Jembatan yaitu Jembatan Pensil agar mempermudah sahabatnya untuk melewati saat kesekolah. Saran dalam penelitian ini diharapkan menjadi bahan referensi yang berguna bagi teman-teman mahasiswa komunikasi yang hendak melakukan penelitian skripsi mengenai Semiotika dalam sebuah film pada masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, makna, pesan motivasi Film Jembatan Pensil. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 05:30 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 05:30 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11634 |
Actions (login required)
View Item |