Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ina Huk Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Mata Air Kec. Kupang Tengah Kab.Kupang

OTI, Kladius (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ina Huk Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Mata Air Kec. Kupang Tengah Kab.Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (810kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ina Huk dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ditinjau dari sisi ekonomi masyarakat Desa Ina Huk. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif, dan data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan BUMDes sudah jelas membantu masyarakat Desa Mata Air untuk lebih meningkatkan kesejahteraan karena dilihat dari program-program memang tidak ada yang merugikan masyarakat melainkan menambah atau meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan Desa Mata Air tersebut. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa peran BUMDes Ina Huk belum cukup baik dilihat dari program-program mereka yang kurang berjalan dengan baik seperti di program unit pariwisata sehingga tidak ada aktivitas yang dijalani BUMDes. Adapun kendala atau faktor penghambat yang dihadapi BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu faktor eksternal dan keadaan tak terduga yang mana faktor eksternal yaitu tidak adanya kerjasama yang baik antara BUMDes dengan masyarakat seperti pemahaman masyarakat terhadap BUMDes masih minim. Keadaan tak terduga diantaranya yaitu dampaknya Covid 19 dan Badai Seroja terhadap unit kerja sehingga aktivitas BUMDes sedikit tidak berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran BUMDes, Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Kladius oti
Date Deposited: 21 Feb 2023 05:18
Last Modified: 21 Feb 2023 05:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11665

Actions (login required)

View Item View Item