Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus Di Kelas X SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023

NEONANE, Maria Esa K. (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus Di Kelas X SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk melihat keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran yang disampaikan selama pembelajaran. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan wawancara dengan salah satu pendidik di SMA Negeri 1 Kupang Tengah, hasil belajar peserta didik rendah. Agar hasil belajar peserta didik meningkat, solusinya adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2022/ 2023 Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Popolasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X IPA1 – IPA3 di SMA Negeri 1 Kupang Tengah. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik porposive sampling dan diperoleh kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen (30 orang ) dan kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol (30 otang ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan model Problem Based Learning pada pretest yakni 86, 17 dengan peningkatan 34, 67 serta nilai N- Gain 0,7, Sedangkan pembelajaran langsung pada pretest 73,17 dengan peningkatan 22 serta nilai N - Gain 0, 45. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikan 0, 000 < 0, 05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil belajar, Materi virus.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd MARIA ESA K. NEONANE
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:48
Last Modified: 21 Feb 2023 06:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item