Penerapan Teknik Dasar Kick, Snare, Dan Hi-Hat Pada Musik Vokal Beatbox Melalui Metode Imitasi Dan Drill Dengan Model Lagu "We Will Rock You" Ciptaan Band Queen Bagi Siswa SMAK Sint Carolus Kota Kupang

NTELOK, Eliazer Irvan (2023) Penerapan Teknik Dasar Kick, Snare, Dan Hi-Hat Pada Musik Vokal Beatbox Melalui Metode Imitasi Dan Drill Dengan Model Lagu "We Will Rock You" Ciptaan Band Queen Bagi Siswa SMAK Sint Carolus Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (508kB)

Abstract

Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang menggunakan organ vokal manusia untuk mengimitasi bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, ataupun bunyi-bunyian lainya. Beatbox merupakan salah satu cabang ekstrakurikuler yang biasa diadakan di tingkat SMA dan biasa ditingkatkan dalam bentuk latihan. Dalam penelitian dengan judul penerapan teknik dasar kick, snare, dan hi-hat pada musik vokal beatbox melalui metode imitasi dan drill dengan model lagu we will rock you ciptaan band queen bagi siswa SMAK Sint Carolus Kota Kupang, peneliti merumuskan masalah yang menjadi focus penelitian yaitu bagaimana langkah-langkah penerapan teknik dasar kick, snare, dan hi-hat pada music vokal beatbox melalui metode imitasi dan drill dengan model lagu we will rock you ciptaan band queen bagi siswa SMAK Sint Carolus Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran music vokal beatbox dilaksanakan selama tujuh kali pertemuan. Pertemuan pertama, memberi materi tentang penjelasan music vokal beatbox secara garis besar. Pertemuan kedua menjelasakan tentang teknik dasar “B” pada music vokal beatbox untuk meniru suara kick drum pada alat music drum, pertemuan ketiga menjelaskan tentang teknik dasar “T” pada music vokal beatbox untuk menitu suara hi-hat pada alat music drum. Pertemuan ke empat menjelaskan tentang teknik dasar “K” pada music vokal beatbox untuk meniru suara snare pada alat music drum. Pertemuan kelima menjelaskan tentang penggabungan tiga teknik dasar music vokal beatbox dalam tiga pola beat pendek. Pertemuan ke enam menjelaskan tentang menerapkan teknik dasar music vokal beatbox dalam model lagu. Pertemuan ke tujuh memastikan hasil pembelajaran selama pertemuan dan memainkankan model lagu dengan menggunakan music vokal beatbox. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penerapan teknik dasar kick, snare, dan hi-hat pada music vokal beatbox melalui metode imitasi dan drill dengan model lagu we will rock you ciptaan band queen bagi siswa SMAK Sint Carolus Kota Kupang dalam proses tersebut siswa mengalami kesulitan terkait teknik dasar music vokal beatbox. Namun dapat diatasi dengan baik dengan metode imitasi dan drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Beatbox, Teknik Dasar, Metode Drill Dan Imitasi, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Eliazer Irvan Ntelok
Date Deposited: 21 Feb 2023 23:52
Last Modified: 21 Feb 2023 23:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item