Analisis Tipologi Klassen Dalam Menentukan Potensi Pajak Daerah Di Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Anggaran 2018-2020

LIM, Tarsisius (2023) Analisis Tipologi Klassen Dalam Menentukan Potensi Pajak Daerah Di Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Anggaran 2018-2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (23kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana Potensi Pajak Daerah di Kabupaten Timor Tengah Utara berdasarkan Pendekatan Tipologi Klassen? 2)Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan Potensi Pajak Daerah di Kabupaten Timor Tengah Utara berdasarkan Pendekatan Tipologi Klassen?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Potensi Pajak Daerah di Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Anggaran 2018-2020 dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan potensi Pajak Daerah di Kabupaten Timor Tengan Utara dengan menggunakan Analisis Tipologi Klassen. Penelitian dilakukan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara selama 6 (enam) bulan. Jenis data yang diteliti adalah data kuantitatif berupa laporan realisasi dan target pendapatan pajak daerah di Kabupaten Timor Tengah Utara. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu Analisis Tipologi Klassen. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa dari kesembilan sumber pendapatan pajak daerah yang termasuk dalam Kuadran I (Sumber Unggulan) adalah Pajak Penerangan Jalan, dan Pajak Mineral Logam Non Logam dan Batuan, dimana pemerintah memiliki potensi pendapatan dan kemampuan mengelola potensi yang tinggi. Kuadran II (Sumber berkembang) adalah Pajak Hotel dan Pajak BPHTB, dimana pemerintah memiliki potensi pendapatan yang tinggi tetapi mempunyai kemampuan untuk mengelola potensi yang rendah. Kuadran III (Sumber Potensial) adalah Pajak Restauran dan Pajak Bumi dan Bangunan dimana pemerintah memiliki potensi yang rendah tetapi mempunyai kapasitas untuk mengelola yang tinggi. Yang termasuk dalam Kuadran IV (Sumber Terbelakang) adalah Pajak Hiburan, Pajak Reklame dan Pajak Air Bawah Tanah karena dari ketiga sumber tersebut memiliki potensi pendapatan dan kemampuan mengelola yang rendah. Faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya potensi pendapatan dan kemampuan mengelola terjadi karena pemungutan pajak daerah di kabupaten Timor Tengah Utara adalah: 1)Kurangnya kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak tepat waktu; 2)Kurang tegasnya sanksi dari pihak pemerintah daerah; 3)Belum diterapkannya E-system dalam pembayaran pajak bagi wajib pajak; 4)Kurangnya sosialisasi perpajakan dari pemerintah daerah kepada wajib pajak. Dengan demikian dari hasil Analisis Tipologi Klassen tersebut, maka disarankan kepada pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara untuk (1) mengoptimalkan layanan atau jasa umum kepada masyarakat, (2) secara terus menerus melakukan penyuluhan tentang pentingnya membayar pajak serta memberikan alternatif dan kemudahan bagi wajib pajak dan juga informasi tentang peraturan yang harus dipatuhi oleh wajib pajak, (3) melakukan peningkatan penerimaan pajak daerah sehingga dapat menduduki Sektor Potensial (unggulan) atau masuk dalam Kuadran I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Pajak Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S. Ak TARSISIUS LIM
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:18
Last Modified: 21 Feb 2023 08:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item