Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kredit Macet Pada Bumdes Baladi Di Desa Bama Kecamatan Demon Pagong Kabupaten Flores Timur

LOUN, Gabriela Jerlina (2023) Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kredit Macet Pada Bumdes Baladi Di Desa Bama Kecamatan Demon Pagong Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (402kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya kredit macet pada BUMDes Baladi di Desa Bama Kecamatan Demon Pagong Kabupaten Flores Timur (2) Upaya apa saja yang dilakukan BUMDes Baladi dalam mengatasi kredit macet di Desa Bama Kecamatan Demon Pagong Kabupaten Flores Timur. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jenis sifat data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Faktor penyebab kredit macet pada BUMDes Baladi di sebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi analisis kurang tepat, kurangnya pengawasan dan kelemahan dari BUMDes Baladi, rendahnya sumber daya manusia. Sedangkan faktor eksternal meliputi penyalahgunaan dana, karakter debitur, dan kegagalan usaha. (2) Upaya penyelesaian kredit macet pada BUMDes Baladi dilakukan dengan cara membuat penjadwalan kembali terkait perpanjangan jangka waktu kredit, melakukan persyaratan kembali terkait dengan besaran suku bunga pinjaman, dan melakukan pendekatan langsung ke rumah nasabah untuk berdiskusi terkait penyebab masalah keterlambatan dalam membayar kredit. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Baladi khususnya di Unit Usaha Simpan Pinjam hendaknya benar-benar memperhatikan watak atau character calon debitur sebelum melakukan pemberian kredit. Pengawasan secara rutin kepada nasabah yang mengalami kredit macet harus dilaksanakan dan melakukan penyelesaian kredit macet agar tingkat kredit macet dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Kredit Macet, Faktor- Faktor Penyebab Kredit Macet
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Gabriela Jerlina Loun
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:21
Last Modified: 21 Feb 2023 08:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11724

Actions (login required)

View Item View Item