Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengawasan Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang)

NINU, Apriana Virginia Oto (2023) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengawasan Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (210kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pemanfaatan Teknologi Informasi berpegaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang. (2) Apakah Pengawasan Keuangan Daerah berpegaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang. (3) Apakah Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengawasan Keuangan Daerah berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi dan pengawasan keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan. Metode teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah (purposive sampling Solutions) yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja. Penelitian ini menggunkan metode Analisis Regresi linear berganda dan pengelola data primer menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh variabel dari pemanfatan teknologi informasi (X1) dan pengawasan keuangan daerah (X2), terhadap kualitas laporan keuangan (Y). Dimana Pemanfaatan Teknologi Informasi berpengaruh posiitf dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji t bahwa t hitung sebesar 0,337, yakni bernilai positif lebih besar dari 1,891 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 nilai probabilitas. Sedangakan variabel pengawasan keuangan berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 0,254 lebih besar dari dari nilai t tabel 1,438 dengan taraf signifikasinya 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang agar sebaiknya melakukan pengkajian ulang penmanfaatan teknologi dan pengawasan keuangan daerah dalam pembuatan laporan keuangan daerah agar mempunyai kualitas yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pengawasan Keuangan Daerah dan Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S. Ak Apriana Virginia Oto Ninu
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:24
Last Modified: 21 Feb 2023 08:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11726

Actions (login required)

View Item View Item