Analisis Penerapan Akuntansi Terhadap Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2016-2017

BARROS, Ferdinanda De F. D. (2020) Analisis Penerapan Akuntansi Terhadap Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2016-2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (214kB)

Abstract

Ferdinanda DE. F. D Barros, NIM 33114052 dengan judul “Analisis Penerapan Akuntansi Terhadap Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2016-2017”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man, SE,M. Si selaku pembimbing I dan Ibu Enike Y.T. Dima, SE.ME, selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan dasar sudah diterapkan dengan baik terutama pada program kegiatan penghargaan dan perlindungan profesi pendidik serta pendistribusian dan pemusnahan blangko ijasah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi Nusa Tenggara Timur? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian penerapan akuntansi terhadap standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan dasar diterapkan dengan baik terutama program penghargaan dan perlindungan profesi pendidik serta pendistribusian dan pemusnahan blangko ijasah pada Dinas Pendidikan dan KebudayaanProvinsi Nusa Tenggara Timur. Jenis data dalam penelitian ini terbagi atas data menurut sumber dan menurut sifat. Data menurut sumber terbagi atas data primer dan data sekunder. Sedangkan data menurut sifat terbagi atas data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang meyebabkan rendahnya capaian penghargaan dan perlindungan profesi pendidik yang realisasinya berada dibawah 60% pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah faktor internal dan eksternal. Saran bagi pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk: 1) Harus adanya control serta tingkat kepedulian yang tinggi terhadap kinerja serta jajaran dibawahnya, dengan memperlakukan mekanisme hingga tercapai hasil kinerja yang maksimal. 2) melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tiap kegiatan seperti yang ada dalam dokumen penetapan kinerja dengan mekanismenya. 3) mkeningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik, peralatan, sarana dan prasarana pendidikan. 4) meningkatkan mutu sumber daya tenaga pendidik dari segi pengetahuan dank etrampilan. 5) masyarakat perlu berpartisipasi dan berperan aktif untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi, StandarPelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:18
Last Modified: 20 Feb 2023 02:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item