Upaya Meningkatkan Keterampilan Keyboard Dasar Dengan Menerapkan Teknik-Teknik Dasar Bagi Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Melalui Metode DRILL

MARSEPYANI, Firmiana (2019) Upaya Meningkatkan Keterampilan Keyboard Dasar Dengan Menerapkan Teknik-Teknik Dasar Bagi Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Melalui Metode DRILL. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (314kB)

Abstract

Realita yang terjadi pada mahasiswa semester IV kelompok pembelajaran keyboard Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang ialah dalam pembelajaran serta penerapan teknik-teknik dasar keyboard terdapat mahasiswi tertentu yakni MY,PB, MR, YM, belum menjalankan penjarian yang benar. Oleh sebab itu, peneliti merumuskan sebuah judul, yaitu Upaya Meningkatkan Keterampilan Keyboard Dasar dengan Menerapkan Teknik-Teknik Dasar Pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendiikan Musik Unwira Kupang Melalui Metode Drill Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaiman Upaya dalam meningkatkan Keterampilan keyboard dasar dengan menerapkan teknik-teknik dasar pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Melalui Metode Drill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya meningkatkan keterampilan Keyboard dasar dengan menerapkan teknik-teknik dasar pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Melalui Mtode Drill. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tindakan Lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Lapangan dan Studi Pustaka yang terdiri dari Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti melaksanakan penelitia dalam tiga tahap yaitu: Tahap awal berkaitan dengan perekrutan mahasiswa peneltian, tahap inti berkaitan dengan latihan teknik- teknik dasar penjarian keyboard, dan tahap akhir berkaitan dengan pementasan yakni memainkan salah satu etude karya dari Jhon Thompson. Dalam penelitian ini tidak terlepas dari adanya kesulitan yang ditemukan pada anggota penelitian selama pertemuan berlangsung seperti penjarian yang kaku dalam teknik penjarian, kurang tepat dalam posisi jari, dan kurang stabila dalam penggunaan tempo. Semua kesulitan ini dapat diatasi dengan memberikan bimbingan secara individual dan melatih secara terus menerus teknik penjarian sehingga membiasakan jari agar bisa lentur dan tidak kaku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode drill, dapat meningkatkan keterampilan Keyboard dasar dengan menerapkan teknik-teknik dasar bagi mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Melalui Metode Drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan dasar, Teknik dasar, Keyboard, Metode Drill.
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Feb 2023 23:23
Last Modified: 20 Feb 2023 23:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11740

Actions (login required)

View Item View Item