Upaya Memperkenalkan Pola Mendireksi Birama ¾ Dalam Lagu “Ya Namamu Maria” Pada Anak-Anak Sekami Biara OSF Fioreti Penfui Melalui Metode Drill

DE NERI, Rosalia Soares Araujo (2019) Upaya Memperkenalkan Pola Mendireksi Birama ¾ Dalam Lagu “Ya Namamu Maria” Pada Anak-Anak Sekami Biara OSF Fioreti Penfui Melalui Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)

Abstract

Dalam kenyataannya anak-anak SEKAMI Biara OSF Fioreti Penfui ingin sekali menjadi seorang dirigen, tetapi memiliki perasaan malu, dan juga belum tepat dalam menggerakan tangan mulai dari proses memulai sebuah lagu. Mereka pun belum tahu mempraktekkan mendireksi pola birama ¾ dalam lagu “Ya nama-Mu Maria”. Oleh sebab itu, peneliti membuat penelitian dengan judul “Upaya Memperkenalkan Pola Mendireksi Birama ¾ Dalam Lagu “Ya Nama-Mu Maria” Pada Anak-Anak Sekami Biara OSF Fioretti Penfui Melalui Metode Drill”. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yakni bagaimana upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan pola mendireksi birama ¾ bagi anak-anak Sekami Biara OSF Fioretti penfui. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses memperkenalkan pola mendireksi birama ¾ pada anak-anak Sekami Biara OSF Fioretti penfui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode Drill. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan pola mendireksi birama ¾ pada anak-anak Sekami Biara OSF Fioretti penfui dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal peneliti merekrut 6 anggota Sekami, tahap inti proses latihan untuk memperkenalkan pola mendireksi birama ¾ dengan metode drill yang difokuskan pada penjelasan materi tentang dirigen, persyaratan menjadi seorang dirigen yang baik, melatih teknik-teknik dasar mendireksi pola birama 3/4, latihan mendireksi pola birama ¾ dalam lagu “Ya nama-Mu Maria dan tahap akhir pementasan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan pola mendireksi birama ¾ pada anak-anak Sekami Biara OSF Fioretti penfui dengan metode Drill membawa perubahan. kesulitan-kesulitan yang dialami oleh anak-anak Sekami dapat diatasi melalui latihan secara berulang-ulang hingga mereka dapat mendireksi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mendireksi, birama ¾, metode drill, dan anak-anak Sekami.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Feb 2023 23:22
Last Modified: 20 Feb 2023 23:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item