Penerapan Teknik Walking Bass Dalam Birama 4/4 Pada Alat Musik Keyboard Dengan Model Lagu “Bolelebo” Melalui Metode Drill Bagi Peserta Didik Minat Keyboard SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun 2019

SERAN, Renerius Bria (2019) Penerapan Teknik Walking Bass Dalam Birama 4/4 Pada Alat Musik Keyboard Dengan Model Lagu “Bolelebo” Melalui Metode Drill Bagi Peserta Didik Minat Keyboard SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (22kB)

Abstract

SMPKSt. Yoseph Naikoten Kupang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yaitu kegiatan yang dilaksanakan di luar jam formal sekolah yang salah satunya adalah kegiatan seni musik. Tetapi pengetahuan dalam bidang musik khususnya permainan alat musik keyboard dalam memainkan teknik iringan yang mereka miliki masih terbatas, sehingga permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yakni bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan memainkan teknik walking bass dalam birama 4/4 pada alat musik keyboard dengan model lagu “bolelebo”melalui metode drill untuk peserta didik minat keyboard SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan memainkan teknik walking bass dalam birama 4/4 pada alat musik keyboard dengan model lagu “bolelebo” melalui metode drill untuk peserta didik minat keyboard SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka berkaitan dengan buku-buku, jurnal, kamus dan sumber internet. Studi lapangan berkaitan erat dengan perolehan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pola iringan walking bass pada alat musik keyboard sangat efektif melalui metode yang diterapkan peneliti yaitu metode drill yang merupakan cara menerapkan hal yang sama secara berulang-ulangyang diawali dengan memperkenalkan unsur musik yang terdiri dari harmoni dan irama atau ritme yang merupakan dasar teori untuk pembelajaran pola iringan walking bass pada alat musik keyboard, penjarian tangga nada C dan penjarian trinada C Mayor dan memperkenalkan pola iringan walking bass dengan jari tangan kiri memainkan bass dan jari tangan kanan memainkan melodi lagu kemudian menggabungkan kedua tangan. Setelah itu peneliti membimbing peserta didik untuk memainkan pola iringan walking bass dengan mengiringi melodi pokok lagu bolelebo sambil membaca partitur not agka dengan memperhatikan posisi jari dari peran masing-masing jari dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siswa-siswi minat keyboard, ekstrakurikuler, teknik walking bass dalam birama 4/4, metode drill.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Feb 2023 23:25
Last Modified: 20 Feb 2023 23:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11743

Actions (login required)

View Item View Item