Upaya Penerapan Membaca Notasi Angka Dalam Lagu Edelweiss Dengan Menggunakan Metode Solfegio Dan Drill Pada Kelompok Ekstrakurikuler Kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang

NAGE, Angelia Merici Ndende (2019) Upaya Penerapan Membaca Notasi Angka Dalam Lagu Edelweiss Dengan Menggunakan Metode Solfegio Dan Drill Pada Kelompok Ekstrakurikuler Kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)

Abstract

Kegiatan bernyanyi di SMP NEGERI 10 KUPANG merupakan salah satu dari kegiatan ekstrakurikuler.Bernyanyi disana terlebih dahulu diawali dengan membaca notasi angka oleh siswa/siswi SMP NEGERI 10 KUPANG.Kegiatan bernyanyi didukung sepenuhnya oleh sekolah yang memberikan ruang untuk melayani masyarakat. Dalam penelitian ini,peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian berupa data-data yang diperoleh dari hasil wawancara antara peneliti informan.Pendekatan ini menghimpun data-data naratif dengan kata-kata untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode solfegio dan drill dengan tujuan peneliti dalam meningkatkan membaca notasi angka pada siswa/siswi kelompok ekstrakurikuler SMP NEGERI 10 KUPANG.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dan studi lapangan ,kegiatan manusia serta situasi social disekitar lingkungan tersebut,dan teknik dokumentasi untuk merangkum atau menyimpan data-data yang valid baik melalui pemotretan maupun pengambilan video. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran bernyanyi dengan membaca notasi angka pada SMP NEGERI 10 KUPANG ditempuh melalui tahap-tahap sebagai berikut.Pertemuan pertama memberikan materi membaca notasi secara umum,dan memberikan materi tentang teknik intonasi.Pertemuan kedua peneliti memberikan teknik pernapasan.Pertemuan ketiga peneliti memberikan latihan membidik nada dengan interfal prim,second,terts,dan kuart.Pertemuan keempat memberikan latihan membidik nada dengan interfalquint ,sekt,septim,oktaf.Pertemuan kelima memberikan latihan membidik nada dengan interfal prim,second,terts,kuart.Pertemuan keenam peneliti memfokuskan anggota melatih not lagu edelweiss.Pertemuan ketujuh peneliti memfokuskan anggota untuk melatih lagu edelweiss dengan menggunakan syair lagu edelweiss.Pertemuan kedelapan peneliti mengulang kembali menyanyikan lagu edelweiss menggunakan syair lagu.Pertemuan kesembilan merupakan pertemuan pemantapan bernyanyi dalam lagu edelweiss.Pada pertemuan ini peneliti memberikan kesempatan untuk mereka bernyanyi sendiri dengan tujuan agar peserta didik lebih mandiri dan percaya diri.Peneliti menyimpulkan bahwa secara umum aktivitas peserta didik dalam mengikuti latihan bernyanyi khususnya pembelajaran lagu model Edelweiss dengan menggunakan metode solfegio dan drill yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bernyanyi,membaca notasi,intonasi,metode solfegio dan drill.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Feb 2023 23:26
Last Modified: 20 Feb 2023 23:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11744

Actions (login required)

View Item View Item