Upaya Meningkatkan Teknik Artikulasi Vokal Dalam Bernyanyi Lagu Liturgi “Betapa Indah Rumah-Mu Tuhan” Menggunakan Metode Imitasi”. Pada Anak Sekami KUB Sta. Maria Ratu Damai Stasi St. Fransiskus Xaferius Naimata Paroki Penfui

KARMIN, Kristiana Rindriyanti (2019) Upaya Meningkatkan Teknik Artikulasi Vokal Dalam Bernyanyi Lagu Liturgi “Betapa Indah Rumah-Mu Tuhan” Menggunakan Metode Imitasi”. Pada Anak Sekami KUB Sta. Maria Ratu Damai Stasi St. Fransiskus Xaferius Naimata Paroki Penfui. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti selama ini, anak-anak sekami belum begitu jelas dalam mengucapkan kata demi kata saat bernyanyi. Oleh sebab itu, peneliti membuat penelitian dengan judul”Upaya Meningkatkan Teknik Artikulasi Vokal Dalam Bernyanyi Lagu Liturgi “Betapa Indah Rumah-Mu Tuhan” Menggunakan Metode Imitasi Pada Anak-Anak Sekami KUB St. Maria Ratu Damai Stasi St. Fransiskus Xaferius Naimata Paroki Penfui. Permasalahan yang diangkat adalah “Bagaimana upaya meningkatkan teknik artikulasi vokal dalam bernyanyi lagu liturgi”Betapa Indah Rumah-Mu Tuhan” menggunakan metode Imitasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan teknik artikulasi vokal dalam bernyanyi lagu liturgi“Betapa Indah Rumah-Mu Tuhan” pada anak Sekami KUB St.Maria Ratu Damai stasi St.Fransiskus Xaferius Naimata paroki Penfui menggunakan metode imitasi. Metode pendekatan yang dipakai peneliti yakni metode pendekatan kualitatif dengan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses latihan pada anak-anak Sekami KUB Sta Maria Ratu Damai Stasi St Fransiskus Xaverius Naimata dalam menyanyikan lagu liturgi“Betapa Indah Rumah-Mu Tuhan” dengan menggunakan metode imitasi yakni : (1) pemberian materi (2) pemanasan huruf vokal (3) latihan mengucapkan dan menyanyikan lagu “Betapa Indah RumahMu Tuhan” dengan menggunakan artikulasi yang jelas (4) dan akhirnya penyajian dan penampilan dari anak-anak sekami KUB Sta Maria Ratu Damai Stasi St Fransiskus Xaverius Naimata dengan lagu “Betapa Indah RumahMu Tuhan” ditampilkan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan teknik artikulasi vocal dalam bernyanyi lagu liturgy “betapa indah rumah-Mu Tuhan” dengan menggunakan metode imitasi anak-anak dapat menyanyikan lagu “betapa indah rumah-Mu Tuhan dengan cukup baik, walaupun kadang-kadang dalam proses latihan mengalami kesulitan, tapi dapat diatasi dengan menggunakan metode imitasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Artikulasi, metode imitasi, dan anak-anak sekami.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Feb 2023 23:27
Last Modified: 20 Feb 2023 23:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item