Implementasi Program Bantuan Stimulasi Perumahan Swadaya (BSPS) Untuk Meningkatkan Kesejahtraan Sosial Masyarakat Desa Heawea, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada

TUA, Marianus Maximiliamus Beo (2023) Implementasi Program Bantuan Stimulasi Perumahan Swadaya (BSPS) Untuk Meningkatkan Kesejahtraan Sosial Masyarakat Desa Heawea, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Untuk Meningkatkan Kesejahtraan Sosial Masyarakat Di Desa Heawea, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada”. Masalah pokok yang diangkat yaitu bagaimana implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Heawea dan faktor apa saja yang mempengaruhi proses pelaksanaan implementasi BSPS di Desa Heawea. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Program BSPS di Desa Heawea dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan implementasi Program BSPS di Desa Heawea. Kerangka teori yang digunakan dalam peneltian ini yaitu konsep implementasi kebijakan model Geogge C. Edward III dalam konsep ini terdapat empat variabel yang sangat menentukan keberhasilan implmentasi suatu kebijakan yakni komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Adapun metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya tahap pengumpulan data, interpretasi data, trigulasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan proses pelaksanaan implementasi program BSPS belum berjalan dengan optimal. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan program belum terpenuhinya indikator sumber daya yakni informasi (tidak tersedia jaringan telepon) dan fasilitas (kekurangan dana swadaya dan bahan bangunan). Selain itu adanya faktor penghambat implementasi yakni faktor cuaca yang tidak menentu (sering terjadi hujan dan jalan rusak) sehingga menyebabkan proses pembangunan menjadi terhambat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diajukan adalah bahwa masyarakat penerima program BSPS agar lebih matang dalam mempersipkan dana swadaya dan bahan bangunan, sehingga pada tahap selanjutnya tidak lagi terjadi kekurangan dana dan bahan bangunan. Fasilitator Desa Heawea agar dapat mengajukan penggantian kontruksi bangunan yang lebih mudah didapatkan dan murah sehingga masyarakat tidak terbebani lagi dan masyarakat bisa mendapatkan rumah yang layak untuk dihuni agar terciptanya kesejahtraan baik dari segi sosial, ekonomi dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Implementasi, Program Bantanu Stimulan Perumahan Sawadaya
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Marianus M Beo Tua
Date Deposited: 22 Feb 2023 00:52
Last Modified: 22 Feb 2023 00:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item