Keanekaragaman dan Pola Penyebaran Gastropoda Di Zona Intertidal Pantai Lebao Solor Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur Sebagai Media Pembelajaran Biologi Berupa Booklet

WUKAPUKEN, Norbertus Tada (2023) Keanekaragaman dan Pola Penyebaran Gastropoda Di Zona Intertidal Pantai Lebao Solor Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur Sebagai Media Pembelajaran Biologi Berupa Booklet. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keanekaragaman dan pola penyebaran gastropoda di zona intertiudal pantai Lebao Solor Timur Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur sebagai media pembelajaran berupa Booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis gastropoda, keanekagaman dan pola penyebaran gastropoda di zona intertidal Pantai Lebao Solor Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur serta mengetahui kelayakan Booklet digunakan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 07-13 juni 2022 di pantai Lebao Solor Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur. Model penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). pada penelitian ini peneliti menggunakan model ADDIE. Karena dibatasi waktu peneliti memodifikasi menjadi tiga tahap yaitu tahap analisis, tahap design dan tahap development. Tahap implementasi dan evaluasi tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan untuk rujukan penelitian lanjutan. Hasil penelitian ini di temukan 7 ordo, 7 family, 9 genus dan 12 spesies dari 480 indvidu gastropoda diantaranya: Rhinoclavis Articulata, Cypraea Caputserpentis, Cypraea Annulus, Nerita chamaeleon, Conus Flavidus, Nerite Costata, Lunella Cinereal, Turbo Bruneus, Morula Granulata, Canarium Labiatum, Canarium Microurceus, Clypeomorus Pellucida. Hasil perhitungan indeks keanekaragaman gastropoda(H) di pantai Lebao Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur sebesar 2,476040074 dalam kategori sedang. Hasil perhitungan indeks pola penyebaran(id) gatropoda adalah 1,654347458, dalam kategori mengelompok. Hasil validasi booklet oleh ahli media persentase 75% dan ahli materi persentase sebesar 75% dan saran dan komentar booklet ini layak digunakan Kesimpulan bahwa tingkat Keanekaragaman jenis di pantai Lebao Solor Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur termasuk sedang, dan pola sebaran gastropodanya bersifat mengelompok. Hasil dari penelitian ini dikembangkan menjadi media Booklet. Sesuai saran dan masukkan kedua validator Booklet ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jenis-jenis Gastropoda, Keanekaragaman, Pola Penyebaran gastropoda, Pengembangan Booklet
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Norbertus Tada wukapuken
Date Deposited: 22 Feb 2023 00:03
Last Modified: 22 Feb 2023 00:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item View Item