Studi Kinerja Penggunaan Agregat Alami Sebagai Agregat Kasar Pada Campuran Aspal Beton Terhadap Karakteristik Marshall (Ac-Wc)

SIDE, Alfiana Maria Rosanti (2023) Studi Kinerja Penggunaan Agregat Alami Sebagai Agregat Kasar Pada Campuran Aspal Beton Terhadap Karakteristik Marshall (Ac-Wc). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)

Abstract

Agregat alami merupakan agregat yang berbentuk bulat dan memiliki permukaan yang relatif lebih licin dibandingkan dengan agregat buatan karena agregat ini mengalami pengikisan oleh air. Partikel agregat yang bulat saling bersentuhan dengan luas bidang kontak kecil sehingga menghasilkan interlocking yang lebih kecil. Agregat ini juga memiliki daya lekat yang kurang baik terhadap aspal kerena memiliki permukaan yang cenderung lebih halus dan licin, hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas dari perkerasan jalan. Adapun lapis perkerasan jalan yang sekarang banyak digunakan adalah lapis perkerasan lentur dengan campuran panas. Salah satu jenis campuran aspal panas adalah Lapis aspal beton. Lapis aspal beton AC-WC merupakan lapis permukaan yang terletak paling atas/lapis aus/lapis permukaan. Lapis permukaan merupakan lapisan yang pertama kali menerima beban roda kendaraan pada sebuah konstruksi jalan. Berdasarkan permasalahan di atas maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui nilai dari setiap karakteristik Marshall apabila menggunakan agregat alami sebagai agregat kasar. Dengan menggunakan metode Marshall dengan perkiraan aspal yaitu : 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, 7%. Sehingga didapatkan nilai untuk setiap parameter Marshall yang meliputi : Kepadatan, VIM, VMA, VFA, Stabilitas, Flow dan Rasio Partikel Bahan Lolos No.200 tidak memenuhi Spesifikasi Bina Marga 2018 Revisi 2. Dengan demikian KAO untuk setiap variasi kadar aspal juga tidak ditemukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lapis Aus (AC-WC), Agregat Alami.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T ALFIANA MARIA ROSANTI SIDE
Date Deposited: 22 Feb 2023 00:46
Last Modified: 22 Feb 2023 00:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11770

Actions (login required)

View Item View Item