Analisis Optimalisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kota Kupang Tahun Anggaran 2014-2017

WANGGE, Marina Astria (2021) Analisis Optimalisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kota Kupang Tahun Anggaran 2014-2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)

Abstract

Marina Astria Wangge, NIM 331 14 070, dengan judul skripsi Analisis Optimalisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kota Kupang Tahun Anggaran 2014 - 2017. Di bawah bimbingan Bapak Wilhelmus Mustari, SE, M.Acc sebagai Pembimbing I dan Bapak Djedoma G. Aloysius, SE, M.Si, Ak, CPA sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan pada kantor Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi optimalisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kota Kupang dan untuk mengetahui bagaimana upaya Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Kupang dalam pengoptimalan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) guna peningkatan pendapatan daerah. Teknik penelitian data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terhambatnya optimalisasi penerimaan PBB-P2, yaitu sumber daya manusia yang dianggap masih kurang efisien dalam pelaksanaan sistem dan prosedur, sarana dan prasarana yang masih kurang memadai, pengawasan dan pemberian sanksi yang masih kurang dilakukan, serta kesadaran wajib pajak yang masih rendah ketaatannya dalam membayar pajak.(2) BAPENDA Kota Kupang melakukan upaya optimalisasi dalam penerimaan PBB-P2 dalam hal peningkatan pendapatan daerah dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama wajib pajak tentang pentingnya membayar pajak, melakukan peremajaan data untuk mengetahui perubahan objek pajak dan bekerja sama dengan pihak Kelurahan dan RT masing-masing agar proses pemungutan PBB-P2 dapat berjalan dengan baik dan optimal. Dalam hal ini penulis memberikan saran kepada Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang dalam upaya optimalisasi penerimaan PBB-P2 dalam peningkatan pendapatan daerah, yaitu dengan memaksimalkan proses pemungutan PBB-P2 melalui sosialisasi atau penyuluhan kepada wajib pajak, melakukan peremajaan data mengenai data-data terbaru dari wajib pajak, serta perlu adanya kuantitas sarana dan prasarana terutama untuk petugas pemungut PBB-P2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:24
Last Modified: 21 Feb 2023 06:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item