Kajian Fisik Ruang Belajar Terhadap Tingkat Kenyamanan Siswa Madrasah Aliyah Negeri Lembata

PUTRA, Diego Alif Sarabiti (2019) Kajian Fisik Ruang Belajar Terhadap Tingkat Kenyamanan Siswa Madrasah Aliyah Negeri Lembata. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (931kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (716kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (727kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (184kB)

Abstract

Kenyamanan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam keberhasilan siswa saat belajar. Namun pada kenyataannya tidak semua gedung belajar memberikan kenyamanan yang layak dan sesuai bagi siswa, termasuk di Madrasah Aliyah Negeri Lembata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kenyamanan fisik ruang belajar berdasarkan persepsi siswa serta mengkaji standar kenyamanan fisik ruang belajar yang sesuai dan layak bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri Lembata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan persepsi siswa Madrasah Aliyah Negeri Lembata secara umum dari seluruh indikator fisik ruang belajar yang ada masuk dalam kategori cukup nyaman dengan persentase sebesar 65,46 %. Sementara berdasarkan kajian fisik ruang belajar yang sesuai standar dan layak bagi siswa didapatkan beberapa indikator yang tidak memenuhi atau tidak layak bagi kenyamanan siswa Madrasah Aliyah Negeri Lembata dan perlu direkomendasikan ulang agar sesuai standar yang seharusnya. Berdasarkan hasil kajian,ukuran meja yang sesuai tinggi badan siswa panjangnya harus berkisar diantara 67 cm sampai 75 cm, lebar 53 cm sampai 62 cm serta tinggi meja adalah 67 cm sampai 72 cm, papan tulis dimana ukuran panjang seharusnya ialah 240 cm, ruang gerak di dalam kelas antar tempat duduk siswa dimana sebaiknya berjarak 60 cm, dimensi kelas harusnya 9 m x 8 m dengan luas 72 m2 di dalam kelas serta luas kelas yang sekarang adalah 54 m2 maka maksimal jumlah siswa di dalam kelas adalah 27 orang siswa atau bisa juga dilakukan penambahan jumlah ruangan belajar agar bisa diatur ulang jumlah penempatan siswa tiap kelas sesuai kapasitas yang baik. Sementara indikator yang sudah sesuai standar dan layak bagi kenyamanan siswa agar terus dipertahankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan,MAN Lembata, Persepsi Siswa, Ruang Belajar,Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:03
Last Modified: 08 Jan 2020 02:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item