UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKLUK HIDUP DI SMPK SHANTY KARYA KUPANG TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Tae, Mario .V (2015) UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKLUK HIDUP DI SMPK SHANTY KARYA KUPANG TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah upaya pengembangan potensi peserta didik. Dengan demikian, peserta didik harus dipandang sebagai organisme yang terus berkembang dan memiliki potensi. Tugas pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, bukan menjejalkan materi pelajaran sebanyak-banyaknya atau memaksa agar peserta didik dapat menghafal materi tanpa memahaminya. masalah yang dihadapi yakni kurangnya antusias dari siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena metode yang diterapkan oleh guru tidak sesuai dengan karakteristik belajar dari siswa-siswi dan berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini yang membuat rendahnya daya serap siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Phair Share terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Klasifikasi Makluk Hidup di SMPK Shanty Karya Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK Shanty Karya Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa 88,75 (tuntas) dan secara klasikal 100% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,89 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,42 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 3,86 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,68 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,71 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Klasifikasi Makluk Hidup di Smpk Shanty Karya Kupang Tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Klasifikasi Makluk Hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Klasifikasi Makluk Hidup.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: ?? biologi ??
Depositing User: Unnamed user with username ani
Date Deposited: 19 Aug 2017 00:38
Last Modified: 19 Aug 2017 00:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item