Pengembangan Katalog Materi Sel Sebagai Sumber Belajar Bagi Peserta Didik Kelas X1 IPA

SION, Rosalia Megiana (2023) Pengembangan Katalog Materi Sel Sebagai Sumber Belajar Bagi Peserta Didik Kelas X1 IPA. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)

Abstract

Buku paket yang diedarkan di sekolah sebagaian besar berupa buku paket IPA yang lebih didominasi dengan informasi berupa uraian tertulis. Buku paket seperti ini dianggap sebagai sumber belajar yang cendrung monoton. Apabila peserta didik menggunakan buku paket yang didominasi berupa uraian tertulis dalam jangka waktu yang lama, akan membuat peserta didik malas untuk belajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Buku paket yang dipakai masih terdapat beberapa kekurangan seperti: ukuran gambar yang kecil, gambar tidak berwarna, keterangan gambar masih kurang dan tidak menarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui cara pengembangan katalog sel sebagai sumber belajar, untuk mengetahaui tingkat kevalidan katalog sel sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Yang terdiri dari 2 yaitu, 1) tahap perancangan produk (desigen), 2) tahap pengembangan produk (development) Validitas media katalog yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu: hasil validasi, berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dengan menggunakan angket dan penilaian keterbacaan media. Hasil validasi untuk kelayakan media katalog ini diperoleh persentase keidealan yaitu ahli materi “sangat valid” dengan persentase 84,1% dan kategorinya “sangat valid”. ahli media “sangat valid” dengan persentase sebesar 85,2% dan kategorinya “sangat valid”. Berdasarkan penelitian kedua tahapan tersebut maka pengembangan katalog sel sebagai sumber belajar bagi peserta didik kelas XI IPA layak digunakan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan katalog materi sel sebagai sumber belajar bagi peserta didik kelas XI IPA telah dikembangkan menjadi alternative sumber belajar yang efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Katalog, Sumber Belajar, Materi Sel.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Rosalia Megiana Sion
Date Deposited: 22 Feb 2023 23:52
Last Modified: 22 Feb 2023 23:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item