Keanekaragaman Dan Kelimpahan Gastropoda Di Pantai Nuhanera Desa Tapobaran Kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata Sebagai Media Pembelajaran Biologi

PERADA, Margaretha Maria (2023) Keanekaragaman Dan Kelimpahan Gastropoda Di Pantai Nuhanera Desa Tapobaran Kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya biota laut yang dapat ditemukan di Pantai Nuhanera seperti Gastropoda yang memiliki banyak manfaat dan keberadaannya dapat dengan mudah ditemui di hamparan pasir dan batu karang. Penelitian ini dilakukan di Pantai Nuhanera Desa Tapobaran Kecamatan Lebatukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis-jenis Gastropoda dan mengetahui apakah buku saku keanekaragaman Jenis gastropoda di Pantai Nuhanera Desa Tapobaran Kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata layak dijadikan sebagai media pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dengan memaparkan dan menganalisis morfologi jenis gastropoda yang ditemukan. Sedangkan pada pendekatan kuantitatif dengan menghitung hasil validasi buku saku yang dikembangkan yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan di pantai Nuhanera desa Tapobaran kecamatan Lebatukan kabupaten Lembata ditemukan 14 spesies Gastropoda. Jenis yang ditemukan yaitu: : T. cornutus, Lunella smaragda, Gibbula leucophea, Trochus niloticus, Conus flavidus, Conus leopardus, Oxymeris maculate, Harpa davidis, Cypraea tigri, Strombus lambis, Lobatus gigas, Tutufu rubeta, T. fuscatus, dan Nerita exuvia. . Hasil perhitungan indeks keanekaragaman gastropoda(H) di pantai Nuhanera desa Tapobaran Kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata sebesar 2,432 dalam kategori sedang. Hasil validasi booklet oleh ahli media persentase 85,93% dan ahli materi persentase sebesar 75% dan saran dan komentar booklet ini layak digunakan. Kesimpulan bahwa ada 14 jenis gastropoda yang terdapat di pantai Nuhanera desa Tapobaran Kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata dan tingkat Keanekaragaman jenis termasuk kategori tingkat sedang. Hasil dari penelitian ini dikembangkan menjadi media Booklet. Sesuai saran dan masukkan kedua validator Booklet ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman dan Kelimpahan Jenis Gastropoda, Media Pembelajaran Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Margaretha Maria Perada
Date Deposited: 22 Feb 2023 23:56
Last Modified: 22 Feb 2023 23:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item