Evaluasi Karakteristik Pemasangan Tactile Ground Surface Indicator (TGSI) Pada Trotoar Serta Kaitannya dengan Kinerja Trotoar Lain Disekitarnya di Kota Kupang (Studi Kasus: Jalan Kolektor Kota Kupang)

MANEK, Xaverius Ricardo (2020) Evaluasi Karakteristik Pemasangan Tactile Ground Surface Indicator (TGSI) Pada Trotoar Serta Kaitannya dengan Kinerja Trotoar Lain Disekitarnya di Kota Kupang (Studi Kasus: Jalan Kolektor Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)

Abstract

Tactile Ground Surface Indicators (TGSI) dipasang di trotoar, bertujuan membantu orang-orang dengan gangguan penglihatan. Benjolan di permukaan TGSI akan terasa, saat diinjak atau disentuh, dan memberikan informasi kepada penyandang disebilitas (Pembuain1 , 2019). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jumlah terpasang, tingkat kelayakan dan mengidentifikasi kondisi karakteristik TGSI terpasang pada trotoar, yang ada di jalan kolektor Kota Kupang, dan dampaknya terhadap penyandang disebilitas. Dari tiga puluh enam (36) segmen pada ruas jalan kolektor Kota Kupang yang menggunakan trotoar dimana, terdapat sembilan (9) segmen atau 25% ruas jalan kolektor yang menggunakan trotoar TGSI, dan dua puluh tujuh (27) segmen atau 75% ruas jalan kolektor menggunakan trotoar tanpa TGSI. Berdasarkan hasil total perbandingan analisa rasio (R) perbandingan trotoar terpasang untuk TGSI pada jalan kolektor Kota Kupang sebesar 27%, sedangkan rasio (R) trotoar tanpa TGSI yaitu 73%. Masalah yang terjadi pada TGSI terpasang antara lain, Ubin TGSI yang salah letak, Hambatan pada jalur TGSI, buruknya kontinuitas TGSI, rusaknya ubin TGSI, masalah trotoar lainnya, seperti terdapat jalur TGSI yang begitu curam dan juga terdapat jalur TGSI yang disampingnya terdapat jurang yang tidak memiliki rell pengaman, sehingga dapat membahayakan penyandang disebilitas. Berdasarkan rasio presentase tingkat kelayakan rata-rata trotoar yang menggunakan TGSI yaitu, 39.41%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tactile Ground Surface Indicators (TGSI), Trotoar, Disebilitas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:25
Last Modified: 22 Feb 2023 02:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item