Pengaruh Desain Produk, Suasana Toko dan Promosi Terhadap Minat Beli Pelajar SMA dan Mahasiswa Pada Toko Distro Lina Pratama Kupang

SOLE, Maria Jelita Malo (2020) Pengaruh Desain Produk, Suasana Toko dan Promosi Terhadap Minat Beli Pelajar SMA dan Mahasiswa Pada Toko Distro Lina Pratama Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)

Abstract

Maria Jelita Malo Sole (32116081) dengan judul penelitian “Pengaruh Desain produk, Suasana Toko dan Promosi Terhadap Minat Beli Pelajar dan Mahasiswa Pada Toko Distro Lina Pratama Kupang”. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM sebagai pembimbing I dan Ibu Anggraeny Paridy, SE, M.Si sebagai pembimbing II. Distro yaitu singkatan dari distribution store atau distribution outlet, adalah jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesoris yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Munculnya bidang usaha lain yang membuat persaigan semakin ketat sehingga penjualan pada Distro mengalami penurunan. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi konsumen tentang desain produk, suasana toko, promosi dan gambaran minat beli konsumen di Toko Distro Lina Pratama Kupang, (2) Apakah desain produk, suasana toko dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Toko Distro Lina Pratama Kota Kupang, (3) Apakah desain produk, suasana toko dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Toko Distro Lina Pratama Kota Kupang. Penelitian dilakukan di Toko Distro Lina Pratama Kupang, dengan populasi adalah Pelajar dan Mahasiswa yang melakukan pembelian. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 14 buah dan dikalikan 5 sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 70 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program SPSS Statistic version 22. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel desain produk sebesar 86,70%, variabel suasana toko sebesar 84,40%, variabel promosi sebesar 84,47%, dan variabel minat beli sebesar 84,90% di kategorikan sangat baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,129X1 + 0,392X2 + 0,535X3. Hasil Uji t diperoleh thitung untuk variabel desain produk sebesar 2.052, variabel suasana toko sebesar 4.615 dan variabel promosi sebesar 6.328 dimana probabilitasnya lebih kecil dari 0,5 yang berarti berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil Uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel desain produk, suasana toko dan promosi berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (64.171>1,67). Nilai koefisien determinasi (R2 ) yang dihasilkan sebesar 0,863 yang menjelaskan bahwa besaran kontribusi pengaruh variabel desain produk, suasana toko dan promosi terhadap minat beli sebesar 86,3% sedangkan sisanya sebesar 13,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Distro Lina Pratama Kupang, memperhatikan desain produk, meningkatkan suasana toko dan promosi agar lebih meningkatkan minat beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desain Produk, Suasana Toko, Promosi, Toko Distro Lina Pratama Kupang.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:26
Last Modified: 22 Feb 2023 02:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item