ELSEN, Mikael Van (2014) Kajian Strategi Pass Marketing Politik Dalam Kemenangan Pasangan Drs. Yoseph Ansar Rera Dan Drs. Paolus Nong Susar (AN-SAR) Pada Pilkada Langsung Kabupaten Sikka Tahun 2013 Di Kecamatan Doreng. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (863kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (184kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Kajian Strategi Pass Marketing Politik Dalam Kemenangan Pasangan Drs. Yoseph Ansar Rera dan Drs. Paolus Nong Susar (An-Sar) pada Pilkada Langsung Kabupaten Sikka Tahun 2013 di Kecamatan Doreng”. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pass marketing politik yang dijalankan oleh pasangan Drs. Yoseph Ansar Rera dan Drs. Paolus Nong Susar (An-Sar) dalam memenangkan Pilkada Langsung Kabupaten Sikka tahun 2013 di Kecamatan Doreng. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pass marketing politik yang dijalankan oleh pasangan Drs. Yoseph Ansar Rera dan Drs. Paolus Nong Susar (An-Sar) dalam memenangkan Pilkada Langsung Kabupaten Sikka tahun 2013 di Kecamatan Doreng. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori marketing politik, yang mengacu pada aspek pass marketing yaitu strategi penyampaian produk politik kepada pemilih melalui orang-orang berpengaruh atau influencer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah para informan, sedangkan sumber data sekunder adalah data-data dan dokumendokumen yang berkaitan dengan variable penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Penerapan strategi pass marketing melalui influencer aktif antara lain, Paket An-Sar sebagai kandidat mampu memposisikan dirinya sebagai satu-satunya kandidat yang berbeda dengan kandidat yang lainnya. Hal ini dilihat dari isu politik yang dibangun oleh para pendukungya menyatakan bahwa figur kandidat paket An-Sar adalah figur yang bersih, profesional dan sederhana. Selain itu, visi-misi dan program kerja yang ditawarkan sangat relevan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Kecamatan Doreng. Paket An-Sar juga memanfaatkan stuktural Tim Sukses yang bersifat informal dan terbentuk mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa bahkan di kampung-kampung. Tim sukses tersebut berperan penting terutama dalam membantu penyelengaraan kampanye, yaitu mempromosikan figur kandidat, visi-misi dan program kerjanya, serta memfasilitasi jalannya sosialisasi dan kampanye dengan masyarakat. Sedangkan, Pengurus Partai turut bekerja secara optimal untuk membantu suksesi terutama dalam mempersiapkan agenda-agenda dan strategi pemenangan melalui struktural partai sebagai tim utama dalam pemenangan. 2) Penerapan strategi pass marketing melalui influencer pasif antara lain, Paket An-Sar mampu merangkul tokoh-tokoh yang berpengaruh seperti Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Paket-Paket lain yang tidak lolos ke putaran kedua dalam rangka mendapatkan dukungan/simpati dari massa yang berada di belakang tokoh tersebut. Dengan demikian disimpulkan bahwa strategi pass marketing politik yang dijalankan oleh paket An-Sar berjalan secara efektif dengan menggunakan beberapa elemen dalam pass marketing yaitu influencer aktif dan Influencer pasif. Penerapan strategi tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi kemenangan pasangan Drs. Yoseph Ansar Rera dan Drs. Paolus Nong Susar (An-Sar) pada Pilkada Langsung Kabupaten Sikka Tahun 2013 di Kecamatan Doreng. xi Untuk itu penulis menyampaikan saran kepada: Kandidat terpilih, agar menepati janji-janji politiknya saat kampanye dan harus memperjuangkan kepentingan seluruh masyarakat. Tim Sukses, agar dalam menyampaikan produk politik kepada pemilih harus dilakukan dengan cara yang unik dan menarik. Tokoh Partai, baik partai pengusung maupun partai pendukung agar dapat membangun hubungan yang baik, solid, dan menjunjung kepentingan bersama, sehingga menjadikan kandidat yang diusung memiliki mental yang kuat dalam menghadapi Pilkada. Pemilih, agar dapat menggunakan hak pilihnya secara demokratis dan rasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pass Marketing, Influencer Aktif, Influencer Pasif, AN-SAR, Pilkada Sikka |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JC Political theory J Political Science > JS Local government Municipal government K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 02:32 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 02:32 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11862 |
Actions (login required)
View Item |