Analisis Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tahun Anggaran 2018-2020 (Studi Kasus Pada Desa Enonapi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan)

YOSEPHINE, Hildegard Archangela (2021) Analisis Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tahun Anggaran 2018-2020 (Studi Kasus Pada Desa Enonapi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (413kB)

Abstract

Hildegard Archangela Yosephine,NIM 33117082: dengan judul skripsi Analisis Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun Anggaran 2018-2020 (Studi Kasus pada Desa Enonapi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan). Dibawah bimbingan BapakDjedoma G. Aloysius, SE, M.Si, Ak., CPA sebagai pembimbing I danBapak Kornelius K. Kroon, SE., MM sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengelolaan keuangan BUMDes di Desa Enonapi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan? (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengelolaan keuangan BUMDes di Desa Enonapi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan BUMDes di DesaEnonapi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan. (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengelolaan keuangan BUMDes di Desa Enonapi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini dilakuakan pada BUMDes Enonapi Desa Enonapi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 2 jenis yaitu data menurut sumber dan jenis data. Data menurut sumber terdiri dari data primer dan data sekunder, jenis data terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknikan alisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan Keuangan BUMDes terdiri dari:Perencanaan sudah dilakukan sesuai dengan peraturan, pelaksanaan sudah berjalan sesuai dengan peraturan, namun pada awal tahun 2020 masih mengalami kendala yang disebabkan karena adanya pandemi covid-19, pentausahan sudah berjalan dengan baik walaupun penatusahan yang dibuat masih sederhana dan dilakukan secara manual, pelaporan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan,dan pertanggungjawaban belum berjalan sesuai dengan peraturan, dimana BUMDes belum mempublikasikan laporan keuangan kepada masyarakat. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan keuangan BUMDes adalah Sumber Daya Manusia, kurangnya pelatihan dan pengalaman serta adanya pandemi covid-19. Saran dari penelitian ini adalah perlu diupayakan agar dilakukan pelatihan terhadap pengelola BUMDes terkhusunya Bendahara sehingga mampu membuat laporan keuangan yang lebih baik, diharapkan juga agar pengelola BUMDes dapat mengembangkan usaha BUMDes serta Bagi Pemerintah Pusat diharapkan supaya terus menjalankan kebijakan SOP yang berlaku pada BUMDes dan memberikan pengawasan serta pelatihan bagi desa-desa dan tetap mengacu pada kesejahteraan masyarakat desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Keuangan BUMDes
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:40
Last Modified: 22 Feb 2023 06:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item