Pengembangan Booklet Keanekaragaman Jenis Gastropoda Di Zona Litoral Pantai Sulamanda Kupang Tengah Sebagai Media Pembelajaran Biologi

BAKSUNI, SonyaYetrida (2023) Pengembangan Booklet Keanekaragaman Jenis Gastropoda Di Zona Litoral Pantai Sulamanda Kupang Tengah Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (683kB)

Abstract

Pantai Sulamanda berada di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur, merupakan pantai yang juga sering dikunjungi oleh masyarakat kota Kupang dan sekitarnya. Wilayah ini umumnya datar dan berpasir serta memiliki substrat berpasir dan berlumpur. Sampai saat ini belum diketahui jumlah dan jenis gastropoda di zona litoral Pantai Sulamanda, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis gastropoda di pantai sulamanda untuk dijadikan sebagai media pembelajaran biologi berupa booklet. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Untuk penentuan keanekaragaman Gastropoda menggunakan metode kuadran (plot) dengan teknik analisis data menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wienner. sedangkan untuk pengembangan boklet dilakukan dengan desain pengembangan menggunakan model ADDIE dan disertai teknik validasi produk oleh validator. Berdasarkan penelitian tentang keanekaragaman Gastropoda di pantai Sulamanda terdapat 10 jenis Gastropoda yaitu jenis Strombus pugilis (L.), Conus ebraeus (L.), Conus tessulatus (L.), Conus miles (L.), Morula granulata (D.), Charonia acstroma (L.), Cyprae pantherina (L.), Strombus urceus (L.), Nerita chamaelon (L.), Nerita albicila (L.); yang tergabung dalam 6 suku gastropoda, yaitu Conidae, Strombidae, Muricidae, Charonidae, Cypraidea dan Neritidae; dan jenis yang paling dominan adalah Conus miles L. dan Charonia acstroma L. sedangkan yang paling sedikit adalah Conus tessulatus. Berdasarkan hasil analisis data keanekaragaman menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wienner. Hasil penelitiaan ini adalah; 1) Jenis gastropoda yang terdapat di zona Litoral pantai Sulamanda, terdiri dari 10 jenis dari 6 family, yaitu Conidae, Strombidae, Muricidae, Charonidae, Cypraidea dan Neritidae; 2) Keanekargaman spesies gastropoda yang terdapat di zona litoral pantai Sulamanda Kupang Tengah yang tergolong rendah yaitu Conus tesulatus dengan indeks keanekaragaman = 0,20453 dan yang paling tinggi yaitu Nerita albicila dan Conus miles dengan indeks keanekargaman = 0,25715 ; 3) Pemanfaatan keanekaragaman gastropoda di zona litoral Pantai Sulamanda Kupang Tengah akan di aplikasikan dalam bentuk boklet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1). bahwa jenis gastropoda yang terdapat di pantai Sulamanda Desa Mata Air kecamatan Kupang Tengah kabupaten kupang sebanyak 10 jenis gastropoda yaitu: Strombus pugilis, Conus ebraeus, Conus tesulatus, Conus miles, Morula granulata, Charonia acstroma, Cyprae pantherina, Strombus urceus, Nerita chamaelon, Nerita albicila. (2). Dengan indeks keanekaragaman gastropoda yang terdapat di pantai Sulamanda mencapai 2,200339 termasuk dalam kategori rendah. (3). pengembangan booklet keanekaragaman gastropoda dikategorikan layak untuk dijadikan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Gastropoda, Zona litoral, Pantai Sulamanda, Booklet
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S. Pd Sonya Yetrida Baksuni
Date Deposited: 23 Feb 2023 00:04
Last Modified: 23 Feb 2023 00:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item