Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur

SUMITO, Eulogius Vercelio (2023) Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur. Permasalahan dipusatkan pada bagaimana partisipasi politik masyarakat Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat sampai mencapai tingkat partisipasi sebesar 80 %. Dalam pemilihan Kepala Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur, yang menjadi pisau analisisnya adalah indikator Partisipasi Politik dari Mirriam Budiardjo tentang Faktor Individu, Politik dan Sosial Ekonomi. Penulis tertarik menggambarkan secara kualitatif pengaruh faktor-faktor tersebut berdasarkan data dari informan. Teknik analisis datanya disajika dalam bentuk paparan atau gambaran dari temuan-temuan di lapangan baik berupa data dan informasi hasil wawancara dan dokumentasi lainya. Hasil kajian menunjukkan bahwa (1). Faktor Individu, ditandai dengan Visi, Misi dan Program Kerja yang ditawarkan oleh kedua pasangan calon Kepala Desa Golo Lero yang dianggap sesuai dengan sesuai kondisi realita dan permasalahan yang ada di Desa Golo Lero. Keterlibatan dan kepedulian sosial dari kedua calon kepada desa Golo Lero dalam berbagai acara adat seperti acara syukuran panen (penti), kematian (kenduri) dan pesta sekolah (wuat wai) sehingga menimbulkan kesan dan penilaian positif yang baik dari masyarakat (2) Faktor Politik, ditandai dengan keterlibatan masyarakat dalam mengikuti kampanye Pilkades Golo Lero Tahun 2021 dalam rangka mendengarkan pemaparan visi, misi dan program kerja. Strategi kampanye politik yang dilakukan oleh kedua calon kepala desa berupa penetapan juru kampanye yang memiliki pengaruh ditengah masyarakat dalam hal ini tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Kesadaran Politik dalam pemilihan kepala desa sudah sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan keikutsertaan mereka dalam kampanye Pilkades Desa Golo Lero. (3) Faktor Sosial Ekonomi, ditandai dengan tingkat pendidikan masyarakat Desa Golo Lero yang rata-rata berpendidikan SMA, D3 dan S-I sehingga dengan tingkat pendidikan yang baik, masyarakat dapat mengelolah informasi dan mengevaluasi kedua calon kandidat kepala Desa yang paling tepat untuk mewakili kepentingannya. Tingkat pekerjaan masyarakat Desa Golo Lero yang mayoritas bermatapencaharian sebagai seorang petani berpengaruh dan berkorelasi positif terhadap tingkat kesadaran politik mereka untuk berpartisipasi dalam Pilkades Golo Lero Tahun 2021. Berdasarkan hasil analisis diatas, penulis menyimpulkan partisipasi politik masyarakat Desa Golo Lero dalam Pemilihan Kepala Desa dipengaruhi oleh faktor Faktor Individu, Faktor Politik dan Faktor Sosial Ekonomi. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan Kedepannya tetap menjadi pemilih rasional, baik itu dalam Pemilihan Kepala Desa, Pemilihan Legislatif, Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Presiden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik, PilkaDes, Desa Golo Lero
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.IP EULOGIUS VERCELLIO SUMITO
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:18
Last Modified: 22 Feb 2023 06:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item