Analisis Efektivitas Dan Potensi Pajak Reklame Kota Kupang Tahun 2016-2020

NGAWANG, Skolastika Trinoviani W (2023) Analisis Efektivitas Dan Potensi Pajak Reklame Kota Kupang Tahun 2016-2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (208kB)

Abstract

Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penerimaan pajak reklame Kota Kupang tahun 2016-2020, apa saja faktor-faktor yang menyebabkan realisasi tidak mencapai target, dan seberapa besar potensi pajak reklame Kota Kupang pada tahun 2016-2020. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 jenis yaitu jenis data menurut sifat dan jenis data menurut sumber. Jenis data menurut sifat yaitu data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan jenis data menurut sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas pemungutan pajak reklame Kota Kupang tahun 2016-2020 memiliki rata-rata persentase 94,55% yang dikategorikan cukup efektif. Hal ini disebabkan Pemerintah Kota Kupang cenderung menaikkan target sedangkan realisasi yang diterima tidak begitu tinggi atau melebihi kenaikkan pada target yang ditetapkan. Faktor-faktor yang menyebabkan realisasi tidak mencapai target adalah: (a) masih banyak reklame liar yang dipasang di wilayah Kota Kupang; (b) kurangnya kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak reklame; dan (c) kurangnya pegawai yang bekerja di lapangan untuk mengawasi siapa saja wajib pajak yang belum membayar pajak dan melihat reklame yang dipasang adalah reklame yang sudah memiliki ijin atau tidak. Potensi pajak reklame yang dimiliki Kota Kupang pada tahun 2016-2020 cenderung melebihi target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Kupang dan cenderung melebihi realisasi pajak reklame yang diterima oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang. Target yang ditetapkan tidak berdasarkan potensi yang ada dan realisasi yang diterima pada tahun 2016-2020 sudah termasuk dengan penerimaan tunggakan pajak tahun-tahun sebelumnya dari wajib pajak sehingga pada tahun 2018 dan tahun 2020 realisasi yang diterima mampu melebihi potensi yang ada. Oleh karena itu, penulis menyarankan Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang harus lebih tegas mengenai wajib pajak yang tidak membayar pajak serta masyarakat yang masih banyak menggunakan reklame liar, dan perlu adanya tambahan pegawai yang dapat bekerja di lapangan sehingga dapat memantau wajib pajak yang belum membayar pajak reklame dan dapat memantau setiap papan reklame yang ada di wilayah Kota Kupang. Selain itu dalam menetepkan target penerimaan pajak reklame, pemerintah harus berdasarkan pada potensi yang sebenarnya dimiliki agar sesuai dengan undang-undang yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Potensi, Pajak Reklame
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Skolastika Trinoviani W. Ngawang
Date Deposited: 23 Feb 2023 05:57
Last Modified: 23 Feb 2023 05:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11889

Actions (login required)

View Item View Item