Penerapan Metode Drill Berbantukan Media Tabulatur Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Gitar Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Musik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira “ Tahun Ajaran 2018/2019

MABILEHI, Kornelis (2019) Penerapan Metode Drill Berbantukan Media Tabulatur Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Gitar Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Musik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira “ Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (128kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah metode drill dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa minat gitar program studi Pendidikan Musik UNWIRA Kupang semester II dalam permainan gitar dalam bentuk tabulasi pada instrument gitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, apakah metode drill dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa minat gitar program studi Pendidikan Musik UNWIRA Kupang semester II dalam permainan gitar dalam bentuk tabulatur dalam pada instrument gitar. Penelitian ini bersifat kualitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data melalui teknik studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dilakukan melalui prosedur sebagai berikut: peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dengan penerapan metode drill dalam menggunakan tab gitar, Peneliti memberi penjelasan singkat tentang konsep, prinsip, atau aturan yang menjadi dasar dalam melaksanakan pekerjaan yang akan dilatihkan. Peneliti mempertunjukkan bagaimana melakukan pekerjaan itu dengan baik dan benar sesuai dengan konsep dan aturan tertentu.Pada bentuk pelajar verbal yang dipertunjukkan adalah pengucapan atau penulisan kata atau kalimat. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya apabila ada kesulitan. Memberikan contoh soal dari hal-hal yang sederhana ke hal yang lebih kompleks;. Menyuruh mahasiswa mengerjakan secara mandiri,kemudian membahasnya secara bersama-sama sehingga apabila ada mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dapat langsung menanyakan;. Latihan untuk pertama kalinya hendaknya bersifat diagnosis. Jika kurang berhasil, lalu diadakan perbaikan agar lebih sempurna.Latihan tidak perlu lama asal sering dilaksanakan. Harus disesuaikan dengan taraf kemampuan mahasiswa. Memberikan tugas rumah sebagai latihan, sesuai dengan materi dan contoh yang sudah didapatkan; Setelah selesai, Peneliti menyampaikan kepada mahasiswa bahwa akan diadakan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Drill Berbantukan Media Tablatur Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Musik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira Tahun Ajaran 2018/2019 mengalami peningkatan. Sebagai akhir dari penelitian ini mahasiswa dapat mengiringi lagu Leworo Piring Sina dalam permainan gitar dalam bentuk tablatur dengan baik seperti yang telah diajarkan oleh peneliti.Semua kendala yang dihadapi mahasiswa dapat diatasi dengan cara peneliti memberikan contoh dan mereka meniru dan secara berulang-ulang dengan metode drill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tablatur, Gitar, Mahasiswa, Metode Drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:49
Last Modified: 08 Jan 2020 02:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item View Item