Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Suebela Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao

LIAN, Handra (2019) Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Suebela Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Suebela Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao. Masalah pokok yang di angkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Akuntabiitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Suebela? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Menggambarkan Bagaimana Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa Mulai Dari Tahap Perencanaan, Pelaksaan Dan Pertanggungjawaban di Desa Suebela Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampel penelitian yang digunakan adalah teknik purposive sampling, informan yang dipakai dalam penelitian ini adalah berjumlah 7 orang, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk mengkaji masalah tersebut maka permasalahan yang diteliti adalah akuntabilitas pemerintah desa dalam pengelolaan Alokasi dana desa (ADD). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sistem Akuntabilitas Dalam Proses Perencanaan Pengelolaan Alokasi Dana Desa sudah dilakukan secara transparan karna adanya keterbukaan proses dan penyampaian informasi yang diberikan Pemerintah Desa kepada masyarakat tentang penggunaan dana Alokasi Dana Desa sehingga benar-benar sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. (2) sistem akuntabilitas pelaksanaan Alokasi Dana Desa sudah dilakukan secara akuntabel karna sudah mengikuti prosedur yang telah ditetapkan (3) sistem pertanggungjawaban pengelolaan alokasi dana desa sudah dilakukan dengan baik secara teknis maupun administrasi sudah baik, karna adanya laporan pertanggungjawaban di setiap akhir kegiatan penggunaan dana alokasi dana desa (ADD), namun harus tetap mendapat bimbingan dari Pemerintah Kecamatan. Kesimpulan secara keseluruhan berdasarkan hasil analisis terhadap akuntabilitas pemerintah desa dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Suebela, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao sebagai berikut : (1). Dalam proses perencanaan sudah dilakukan secara transparan adanya keterbukaan proses dan penyampaian informasi (2) dalam proses pelaksanaan sudah dilakukan secara akuntabel sesuai dengan penggunaan dana yang ditetapkan (3) dalam proses pertanggungjawaban sudah dilakukan dengan baik karna adanya laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana. Saran yang dapat disampaikan sebagai berikut :(1) diharapkan kepada pemerintah desa untuk selalu memberikan atau menyampaikan informasi tentang pertanggungjawaban penggunaan Dana kepada masyarakat secara Transparan (2) untuk menyampaikan informasi pengelolaan Alokasi Dana Desa kepada masyarakat harus jelas agar selalu menerapkan prinsip Transparansi dan Akuntabel dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (3) diharapkan masyarakat Desa Suebela untuk selalu berpartisipasi dalam proses pengelolaan Alokasi Dana Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alokasi Dana Desa (ADD), Perencanaan, Pelaksanaan, Pertanggungjawaban.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:10
Last Modified: 23 Feb 2023 03:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item View Item