Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio M3 Pada CV. Sekawan Motor Kupang

PINTO, Lourdis Chelviana (2020) Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio M3 Pada CV. Sekawan Motor Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

Lourdis Chelviana Pinto (32116057) dengan judul Penelitian “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio M3 pada CV. Sekawan Motor Kupang”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Simon Sia Niha, SE, M. Si sebagai pembimbing I dan Ibu Rosadalima Tisu, SE, MM. sebagai pembimbing II. Yamaha merupakan sebuah merek sepeda motor yang terkenal dengan kualitas serta desain yang baik. Kendati demikian, data penjualan Motor Yamaha Mio M3 yang ada pada CV. Sekawan Motor Kupang selama 5 tahun terakhir dari tahun 2017 – 2019 mengalami penurunan. Hal ini jelas mengindikasikan adanya faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yakni: 1) untuk mengetahui gambaran desain produk, kualitas produk, citra merek dan keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio M3, 2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh desain produk, kualitas produk dan citra merek secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio M3, dan 3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh desain produk, kualitas produk, dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio M3. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis statistik hingga penentuan nilai koefisien determinasi (R2). Hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa kategori persepi responden tentang seluruh variabel adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata persepsi responden yakni sebesar 80.44 untuk variabel desain produk, 75.07 untuk kualitas produk, 82.31 untuk citra merek, dan 81.07 untuk keputusan pembelian. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa desain produk berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi uji statistik secara parsial (uji t) 0.160 lebih besar dari 0.05. Nilai signifikansi pada kualitas produk adalah sebesar 0.884 lebih besar dari tingkat alfa yang menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t lainnya menyimpulkan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan bukti nilai signifikansi sebesar 0.002 atau lebih kecil dari 0.05. Sementara itu, secara simultan variabel bebas diketahui berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat dengan bukti nilai signifikansi hasil uji simultan (uji F) yakni sebesar 0.000 atau lebih kecil dari tingkat alfa 0.05. Hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) juga mendapati besaran pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yakni sebesar 25.20%, sedangkan 74,80% lainnya dipengaruhi oleh variabelvariabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan agar CV. Sekawan Motor Kupang melakukan penjualan motor yang bervariasi dengan memperhatikan tren serta model kekinian yang diminati masyarakat. Selain itu, diharapkan juga agar perusahaan memperhatikan kesesuaian antara produk motor yang dipasarkan dengan spesifikasi motor yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:19
Last Modified: 23 Feb 2023 03:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11938

Actions (login required)

View Item View Item