Dampak Sistem Kekerabatan Terhadap Intensi Whistleblowing Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Desa Sinar Hading Kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur

HADJON, Cornelisien Fransiskus Tervano (2023) Dampak Sistem Kekerabatan Terhadap Intensi Whistleblowing Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Desa Sinar Hading Kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (410kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana intensi whistleblowing dalam pengelolaan dana desa di Desa Sinar Hading? (2) Bagaimana dampak sistem kekerabatan terhadap intensi whistleblowing dalam pengelolaan dana desa di Desa Sinar Hading?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui intensi whistleblowing dalam pengelolaan dana desa di Desa Sinar Hading. (2) Untuk mengetahui dampak sistem kekerabatan terhadap intensi whistleblowing dalam pengelolaan dana desa di Desa Sinar Hading. Penelitian ini dilakukan di Desa Sinar Hading Kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) masih ada intensi dari masyarakat Desa Sinar Hading untuk melakukan whistleblowing dalam pengelolaan dana desa. Hal ini terjadi karena adanya pemahaman masyarakat tentang dana desa adalah uang negara serta penyelewengan dana desa akan menghambat pembangunan desa. Selain itu, pemahaman tentang dana desa untuk kesejahteraan masyarakat serta profesionalitas dalam bekerja sangat diutamakan oleh perangkat Desa Sinar Hading juga merupakan hal utama yang menyebabkan adanya intensi untuk melakukan whistleblowing. (2) Intensi whistleblowing sudah dimiliki oleh masyarakat Desa Sinar Hading tetapi jika hal itu bersinggungan dengan sistem kekerabatan di dalam desa maka masyarakat cenderung tidak ingin mengambil resiko untuk melakukan whistleblowing. Dengan demikian disarankan kepada pemerintahan dan masyarakat Desa Sinar Hading untuk melakukan monitoring, pelatihan dan pendampingan kepada aparat desa untuk meminimalisir kesalahan dalam pengelolaan dana desa dan pemerintah desa harus memberikan sosialisasi terkait whistleblowing serta mempersiapkan whistleblowing system agar siapa saja bisa melakukan whistleblowing tanpa harus takut identitasnya diketahui.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Intensi Whistleblowing, Sistem Kekerabatan, Pengelolaan Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S. Ak Cornelisien Fransiskus Tervano Hadjon
Date Deposited: 23 Feb 2023 23:54
Last Modified: 23 Feb 2023 23:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11951

Actions (login required)

View Item View Item