Analisis Penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dalam Pengelolaan Keuangan di Desa Benteng Suru Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat Tahun Anggaran 2020

CO’O, Elfrida Daita (2021) Analisis Penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dalam Pengelolaan Keuangan di Desa Benteng Suru Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat Tahun Anggaran 2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (206kB)

Abstract

Elfrida Daita Co’o. NIM: 33117124; dengan judul skripsi”ANALISIS PENERAPAN SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI DESA BENTENG SURU KECAMATAN KUWUS KABUPATEN MANGGARAI BARAT”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Simon Sia Niha SE.M.Si sebagai Pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut SE. MM sebagai Pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dalam pengelolaan keuangan di Desa Benteng Suru Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat? (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dalam pengelolaan keuangan di Desa Benteng Suru Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dalam pengelolaan keuangan di Desa Benteng Suru Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan SISKEUDES dalam pengelolaan keuangan di Desa Benteng Suru Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat. Jenis data dalam penelitian ini terbagi atas data menurut sifat dan data menurut sumber. Data menurut sifat terbagi atas data kualitatif dan data kuantitatif serta menurut sumber terbagi atas data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan Sistem Keuangan Desa dalam pengelolaan keuangan di Desa Benteng Suru belum sepenuhnya mengikuti prosedur aplikasi Sistem Keuangan Desa dan masih belum terlaksana secara optimal, serta pada tahap pelaporan di Desa Benteng Suru mengalami keterlambatan. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan Sistem Kuangan Desa yaitu faktor penghambat yaitu : (1) sumber daya manusia yang belum memadai; (2) sarana-prasarana yang tersedia di Kantor Desa Benteng Suru masih belum memadai; (3) minimnya sosialisasi/pelatihan mengenai aplikasi SISKEUDES kepada perangkat desa; dan (4) jaringan internet yang belum maksimal. Dan faktor pendukung adalah Kemudahan dalam mengakses keuangan desa. Dengan adanya aplikasi siskeudes memudahkan kita dalam mengelola keuangan desa. Saran bagi Kantor Desa Benteng Suru Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat adalah (1) Kepada Pemerintah Desa Benteng Suru sebaiknya harus mengikuti prosedur aplikasi SISKEUDES, serta mengusahakan dalam pelaporan agar tidak melebihi batas waktu yang telah di tentukan dan (2) Pemerintah Desa Benteng Suru perlu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dalam bidang Teknologi Informasi dan akuntansi dengan dilakukan pelatihan-pelatihan kepada perangkat Desa Benteng Suru serta meningkatkan kualitas dan kapasitas sarana prasarana yang digunakan dalam pengelolaan keuangan desa yakni dengan diadakannya pengadaan laptop.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Keuangan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:08
Last Modified: 23 Feb 2023 08:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11972

Actions (login required)

View Item View Item