TAEMNANU, Yasis (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (47kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (80kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga kemampuan bernalar siswa tidak berlatih. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa.Salah satu model pembelajran yan menekankan keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. model pembelajaran kooperatif tioe STAD adalah model yang mengelompokan siswa kedalam kelmpok yang beranggotakan 4-5 orng secara heterogen dan menekankan adanya aktivitas da interaksi diantara siswa untk saling memotivasi dan saling membantu dalam mngusai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kupang untuk pokok bahasan unsur-unsur lingkaran dan luas keliling lingkaran tahun ajaran 2019/2020 dan pelaksanaan dari model tersebut dalam pemebelajaran matemtika. Penelitin ini termasuk penelitian kuantitaif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII. sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII i, teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan SPSS versi 22 pada tabel Paired Sampel Test diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan = 0,05 dan =18,500 dengan = -2,045. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan = 18,500 > -2,045= berarti Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 3 Kupang untuk pokok bahasan unsur-unsur lingkaran dan luas keliling lingkaran tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan agar guru bidang studi matematika dapat menggunakan model pembelajaran koopertif tipe STAD khususnya pada materi pokok unsur-unsur lingkaran dan keliling luas lingkaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran tipe STAD,Prestasi belajar matematika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 03:54 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 03:54 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1198 |
Actions (login required)
View Item |