Penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam Mencari Berita Oleh Wartawan pada Media Online Floreseditorial.com (Studi Kasus Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pasal 1 dan Pasal 2)

DURMA, Anjelus (2023) Penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam Mencari Berita Oleh Wartawan pada Media Online Floreseditorial.com (Studi Kasus Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pasal 1 dan Pasal 2). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (507kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerpan Kode Etik Jurnalistik dalam Mencari Berita oleh Wartawan Pada Media OnlineFloreseditorial.com Studi Kasus Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pasal 1 dan Pasal 2”. Wartawan dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik, meliputi mencari, memperoleh, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara (audio), penglihatan (visual) maupun audio visual. Kode Etik Jurnalistik memegang peranan yang sangat penting dalam dunia Pers dimana sebagai pedomaan nilai-nilai profesi kewartawanan sehingga Kode Etik Jurnalistik wajib dipahami dan dilaksanakan oleh wartawan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam proses mencari berita oleh wartawan pada media online Floreseditorial.com berdasarkan pasal 1 dan pasal 2? Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data,verifikasi data dan penyajian data. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam mencari, mengemas maupun mempublikasikan berita wartawan Floreseditorial.com memang mematuhi dan menerapakan Kode Etik Jurnalistik pasal 1 terkait “independen” dan “akurat” serta pasal 2 terkait “menghormati hak privasi narasumber” dan “tidak menyuap” namun belum sepenuhnya diterapkan. Meski demikian, selain secara tegas dan lugas menolak segala upaya yang akan melanggar Kode Etik Jurnalistik, wartawan Floreseditorial,com juga selalu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan Kode Etik Jurnalistik dalam melakukan proses mencari maupun mengemas sebuah berita. Hal ini bertujuan agar produk jurnalistik yang dihasilkan berkualitas dan tidak mengandung hoax tetapi aktual dan murni dari hasil liputan mengenai suatu peristiwa yang benar-benar terjadi di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa dalam mencari, mengemas maupun mempublikasikan berita, wartawan Floreseditorial.com memang mematuhi dan menerapkan Kode Etik Jurnalistik terutama Kode Etik Jurnalistik pasal 1 terkait “independen” dan “akurat” serta pasal 2 terkait “menghormati hak privasi narasumber” dan “tidak menyuap” namun belum sepenuhnya diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik Jurnalistik, pasal 1, pasal 2, media online, wartawan dan Floreseditorial.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S. I. Kom Anjelus Durma
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:28
Last Modified: 27 Feb 2023 01:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item